Administrasi Perkantoran

Program Studi Administrasi Perkantoran pada saat ini Terakreditasi B

Visi Program Studi Administrasi Perkantoran :

“Menjadi Lembaga Pendidikan Vokasi yang menghasilkan tenaga kesekretariatan yang mampu menangani manajemen pekerjaan perkantoran dan kearsipan secara tepat dan berdaya saing secara nasional, pada tahun 2026”.

Misi Program Studi Administrasi Perkantoran :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan di manajemen pekerjaan perkantoran yang kompeten dan berakhlak mulia.
  2. Menyelenggarakan  program  pendidikan DIII vokasi dibidang  kesekretariaatan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan standar kualifikasi nasional Indonesia. 
  3. Menjalin kerja sama dengan dunia kerja untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa  di bidang kesekretariatan.
  4. Menjalin kerja sama pengembangan proses pembelajaran dengan lembaga pendidikan sejenis  dan lembaga lainnya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu lulusan.

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi utama lulusan Program Studi Administrasi Perkantoran sebagai berikut :

NoKompetensi Utama LulusanMata kuliah
1Bersikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan untuk meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan Pancasila, bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsaAgama
Pancasila
Kewarganegaraan
Jati Diri Unsoed
2Menguasai teori dasar kesekretariatan dan mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanioran yang sesuai dengan bidang kesekretariatan.  Manajemen Perkantoran
Pengetahuan Kesekretariatan
Manajemen Kearsipan
Praktik Kesekretariatan
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Human Relation
3Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang kesekretariatan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja baik di dalam maupun di luar lembaganya.Teori Organisasi dan Kepemimpinan
Manajemen Sumber Daya Manusia
Pengembangan Diri
4Mampu mengelola pekerjaan kesekretariatan dan bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja baik secara mandiri maupun kelompok; dan mampu melakukan supervisi dan evaluasi yang terukur terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan.Pengetahuan Kesekretariatan
Praktik Kesekretariatan
Manajemen Sistem Informasi manajemen  

Kompetensi pendukung  lulusan Program Studi Administrasi Perkantoran sebagai berikut :

NoKompetensiMata kuliah
1Religius, mempunyai kepribadian yang baik dan mampu bekerjasama secara timAgama Manajemen Perkantoran  
2Komitmen terhadap profesi dan penyelesaian tugas kesekretariatan secara profesionalEtika Profesi Praktik Kesekretariatan
3Menguasai konsep teoritis bidang kesekretariatan secara umum, dan mampu memformulasikan penyelesaian masalah kesekretariatan secara proceduralManajemen Perkantoran Manajemen Kearsipan Manajemen
4Mampu mengelola pekerjaan kesekretariatan baik secara mandiri dan ataupun kelompok secara tepat dan bertanggungjawabTeori Organisasi dan Kepemimpinan Human Relation  
5Mampu menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  di bidang kesekretariatan.Komputer Mengetik Stenografi
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris Korespondensi
6Mampu untuk mengembangkan diri secara inovatif dalam bidang profesinya melalui kegiatan kewirausahaan yang berbasis pada sumber daya lokalPengembangan Diri Pengantar Bisnis Kewiraswataan Pengantar Akuntansi Pengantar Ekonomi Statistika Tehnik Pemasaran
7Mampu melakukan evaluasi dan penilaian hasil secara terukur dan konsekuenStatistika Tehnik Penulisan laporan Hukum Perdata / Bisnis

Daftar nama Dosen Pengajar Program Studi D3 Administrasi Perkantoran :

NoNama Dosen Tetap  NIDNTanggal LahirJabatan Akademik Sertifikat Dosen (Beri Tanda Ö Jika Memiliki)Pendidikan D4, S1, S2, S3;   Bidang; Asal PT  atau Keahlian Praktis(d)
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)
1Dra. Dijan Rahajuni, Msi001101620411 Januari 1962Lektor Kepala*S1: UNSOED (Ekonomi Pembangunan) S2: UNSOED (Ekonomi Pembangunan)
2Dra. Nunik Kadarwati, M.Si002905600529 Mei 1960Lektor Kepala*S1: UNSOED (Ekonomi Pembangunan) S2: UNSOED (Ekonomi Pembangunan)
3Yudi Suryadi,S.Pd,M.Pd001310890113 Oktober 1989Asisten Ahli S1: UPI (Pendidikan Bahasa Jepang) S2: UPI (Pendidikan Bahasa Jepang)
4Sri Lestari, SE, MSi  002511700525 November 1970Lektor Kepala*√  S1: UNSOED (Manajemen) S2: UNSOED (Manajemen) (S3): UNSOED (Ilmu Manajemen)
5Dra. Neni Widayaningsih,MM  Lektor kepala*√  S1: UNSOED (Ekonomi Pembangunan) S2: UNSOED (Manajemen)
6Novita Puspasari,S.E,M.Sc Ak.0002118605  2 November 1986Lektor*√  S1: UNSOED (Akuntansi) S2: UGM (Akuntansi)
7Bambang,S.E,M.Si001004850510 April 1985Asisten Ahli*S1: UNDIP (Ekonomi Pembangunan) S2: UNDIP (Ekonomi Pembangunan)
8Sri Nani Hari Yanti,SS,M.Hum001412690114 Desember 1969Lektor*S1: UGM (Sastra ) S2: UGM (Ilmu Sastra)
9Drs. Ashari, MPd001201631012 Januari 1963Lektor*S1: UNDIP (Sastra Inggris) S2: UNNES (Pendidikan Bahasa)
10Lina Rifda Naufalin, S.Pd, M.Pd.062510880125 Oktober 1988Lektor*√  S1: UNS (Administrasi Perkantoran) S2: UNS (Pendidikan Ekonomi)
11Drs. Muhammad Taufiq,M.H001909600819 September 1969Lektor Kepala*S1: UNS (Kependidikan) S2: UNSOED (Ilmu Hukum)

Kontak

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED Jl. Prof. Dr. H.R. Boenyamin No.708 Grendeng Purwokerto, Central Java INDONESIA 53122

No. Telepon   : (0281) 637970

No. Faksimili : (0281) 640268

X