Doktor Ilmu Ekonomi

Program Doktor Ilmu Ekonomi

Saat ini program Doktor Ilmu Ekonomi terakreditasi “B”

Visi Ilmu Ekonomi Program Doktor (IEPD)

Pada tahun 2034 Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor Universitas Jenderal Soedirman menjadi pusat rujukan pengembangan ilmu ekonomi pada skala nasional yang berorientasi ekonomi perdesaan dan berbasis pada kearifan lokal

Misi Ilmu Ekonomi Program Doktor (IEPD)

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul dan kompetitif di bidang akademik yang berbudi pekerti luhur, berjiwa Pancasila dan menghayati jati diri UNSOED.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan kegiatan ilmiah yang relevan, serta menyebarluaskan hasil-hasilnya dalam rangka pengembangan ilmu ekonomi yang berorientasi pada ekonomi perdesaan yang berbasis pada kearifan lokal.
  3. Mengembangkan sumber daya manusia yang peka terhadap perubahan dan permasalahan di bidang ekonomi, serta mampu menganalisis secara komprehensif untuk merumuskan pemecahannya yang berorientasi pada ekonomi perdesaan yang berbasis pada kearifan lokal.

Ilmu Ekonomi Program Doktor Universitas Jenderal Soedirman memiliki tujuan sebagai berikut, pada tahun 2034 Prodi IEPD akan mewujudkan:

  1. Terselenggaranya program studi yang mampu menghasilkan doktor yang memiliki integritas tinggi dalam mengembangkan Ilmu Ekonomi khususnya yang terkait dengan ekonomi perdesaan dan kearifan lokal.
  2. Terselenggaranya program studi yang mampu menghasilkan doktor yang memiliki kemampuan unggul dalam melakukan kegiatan pengkajian Ilmu Ekonomi melalui aktivitas kajian dan penelitian atas persoalan ekonomi terutama di kawasan perdesaan berbasis kearifan lokal.
  3. Terselenggaranya program studi yang mampu menghasilkan doktor yang memiliki kemampuan analisis yang komprehensif dalam memecahkan berbagai persoalan ekonomi yang terkait dengan upaya pembangunan
    kawasan perdesaan berbasis kearifan lokal.
  4. Terselenggaranya penelitian yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi khususnya ekonomi perdesaan yang berbasis pada kearifan lokal.
  5. Terciptanya iklim akademik yang kondusif untuk menunjang kegiatan pendidikan dan penelitian ilmiah di bidang ekonomi perdesaan yang berbasis pada kearifan lokal.
  6. Terwujudnya jaringan komunikasi, dan informasi ilmiah yang lengkap dan aktual melalui kerja sama pada tingkat nasional dan internasional, baik dengan perguruan tinggi asing maupun dengan pemerintah, perusahaan
    swasta maupun Organisasi non pemerintah.

Struktur kurikulum pada Ilmu Ekonomi Program Doktor (IEPD) Universitas Jenderal Soedirman adalah sebagai berikut:

SmtKode MKNama Mata KuliahBobot SKSSKS MK
dalam
Kurikulum
SKS MK
dalam
Kurikulum
    IntiInstitusional
(1)(2)(3)(4)(5)(6)
IEKU 711Teori Ekonomi Mikro 433
IEKU 712Teori Ekonomi Makro 433
IEKO 713Filsafat Ilmu Ekonomi33
IEKU 714Metodologi Penelitian33
IIEKU 715Ekonometrika 433
IIEKU 716Ekonomi Pembangunan Perdesaan33
IIEKU 717Penulisan Ilmiah dan Publikasi (PIP) 133
IIEKU 718Ekonomi Heterodoks33
III –
selanjutnya
EKU 719Penulisan Ilmiah dan Publikasi (PIP) 233
III –
selanjutnya
EKU 720· Proposal Disertasi (8 SKS)
· Penelitian dan Penulisan Disertasi (21 SKS), yang terinci:
    – Proses Penyusunan (4 SKS)
    – Ujian Kelayakan (4 SKS)
    – Ujian Tertutup (5 SKS)
    – Disertasi (8 SKS)
· Seminar/ujian terbuka (8 SKS)
· Jurnal Internasional (8 SKS)
4545
Total SKS  7272 
Alamat: Kompleks FEB UNSOED Gedung F Lantai 1 Jl. HR. Bunyamin 18 Purwokerto
No. Telepon: 0281 643633
No. Faksimili: 0281 622035
Homepage: feb.unsoed.ac.id
E-mail: iepd.unsoed@gmail.com
X