FGD INOVASI KOPERASI DENGAN ICA ASIA PACIFIC

Laboratorium Koperasi dan UKM FEB UNSOED bekerjasama dengan Indonesian Consortium for Cooperatives Innovation mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Inovasi Koperasi dengan para pemangku kepentingan koperasi di Indonesia. Dalam sambutannya, Kepala Lab Koperasi dan UKM FEB UNSOED, Novita Puspasari, M.Sc, Ak, mengatakan bahwa koperasi menghadapi tantangan internal dan eksternal saat ini di era Revolusi Industri 4.0. Jika ingin bertahan, koperasi harus mulai berinovasi.

FGD ini juga turut dihadiri oleh perwakilah International Cooperative Alliance (ICA) Asia Pacific, Mr.Ivjyot Singh dan Ms. Simren Singh. Selain itu, FGD ini juga dihadiri oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian PPN/Bappenas, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Keuangan, Dinas Koperasi Jawa Tengah, Dinas Koperasi Kabupaten Banyumas, kampus-kampus di area Banyumas dan Jogjakarta, peneliti koperasi dari Mubyarto Institute, dan koperasi-koperasi inovatif dari Jakarta, Bandung, Kudus, dan Surabaya.

FGD ini menghasilkan kesepakatan mengenai apa-apa saja yang akan dilakukan oleh masing-masing pihak untuk mendukung agenda inovasi koperasi ini. Dinas Koperasi Jateng dan Kementerian PPN/Bappenas, misalnya, akan mengadakan Festival Inovasi Koperasi tahun depan. Lalu Universitas Mercubuana Jogjakarta akan bekerjasama dengan FEB Unsoed untuk mengadakan seminar dan call for paper tentang koperasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X