Menjadi Generasi Melek Investasi dengan Galeri Investasi FEB UNSOED

Galeri Investasi BEI (Bursa Efek Indonesia) yang berada di lantai 1 Laboratorium Terpadu FEB UNSOED resmi dibuka. Peresmian Galeri Investasi ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni / WR III, Direktur Sekuritas, dan Direktur PT. Bursa Efek Indonesia, Rabu (13/11) di Laboratorium Terpadu Lantai I.

Pada kegiatan tersebut juga diisi dengan penandatanganan piagam kerjasama Pemasyarakatan dan Edukasi Pasar Modal antara PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan FEB Unsoed, dan PT.MNC Sekuritas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni / WR III Dr.Ir Kuat Puji Prayitno SH.,M.Hum membacakan sambutan Rektor. Disampaikan bahwa perguruan tinggi memiliki tantangan untuk mempersiapkan model dan sistem pembelajaran yang terkoneksi dengan realitas kehidupan.  Sedari awal, mahasiswa telah mengenal apa dan bagaimana kondisi aktual di lapangan, sehingga mampu mengkalkulasi secara tepat apa dan bagaimana yang harus dilakukannya setelah meraih gelar di kampus. “Keberadaan Laboratorium Galeri Investasi di FEB Unsoed tentunya akan sangat penting, utamanya dalam proses belajar dan menjembatani konsep serta praktek yang ada. Mahasiswa jadi mengetahui dan memahami tentang investasi atau penanaman modal,  cara memilah dan memilih termasuk mengestimasi peluang termasuk meminimalisir resiko dari investasi”, ungkap Rektor. Rektor menambahkan bahwa hal ini sejalan dengan kebijakan Unsoed yang harus menjadi perguruan tinggi yang kontributif, yang salah satunya adalah mempersiapkan lulusan yang unggul dan berdayasaing, agar cepat terserap di dunia kerja atau mampu membuka lapangan pekerjaan sebagai wirausaha.

Direktur PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Bapak Dedy Priadi mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan FEB Unsoed, karena dengan adanya Galeri Investasi, BEI merasa bangga telah bekerjasama dengan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa salah satu konsentrasinya adalah edukasi kepada masyarakat terutama peningkatan literasi masyarakat itu tersampaikan dengan baik, karena tingkat literasinya masih rendah terutama terkait dengan dunia keuangan. “Galeri investasi terutama BEI bekerjasama dengan MNC Sekuritas dan FEB Unsoed mendorong para mahasiswa tidak hanya sebatas teori tetapi juga mempraktekan. Pemaksimalan Galeri Investasi selain praktek juga belajar mengenal lebih jauh tentang produk-produk yang ada di pasar modal”, ungkapnya.

Sementara itu Head of Equity Retail & Online Trading MNC Sekuritas Bapak Afen Tjhong mengungkapkan bahwa peresmian Galeri Investasi BEI Universitas Jenderal Soedirman adalah bentuk nyata komitmen Perseroan dalam mengembangkan pasar modal bukan hanya di kota-kota besar, tetapi juga di wilayah yang masih belum digarap secara maksimal. “Dengan diresmikannya Galeri Investasi BEI Universitas Jenderal Soedirman, MNC Sekuritas telah memiliki 92 Galeri Investasi BEI yang tersebar secara nasional. Galeri Investasi di Laboratorium Terpadu FEB Unsoed merupakan Galeri Investasi BEI MNC Sekuritas pertama yang terletak di Kota Purwokerto”, ungkap Afen. 

Kegiatan diakhiri dengan seminar yang diikuti oleh para mahasiswa FEB Unsoed. Seminar mengangkat tema “Menjadi Generasi Micin (Millenial Cinta Investasi)”. Diambil judul tersebut karena menurut beberapa survey sekitar 40% investor pasar modal adalah dari millenial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X