Online Career Workshop

Pada Selasa, 5 Mei 2020 yang lalu telah berlangsung acara Online Career Workshop yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Laboratorium Pengembangan Karir dan Pusat Alumni FEB Unsoed) bekerjasama dengan ECC Upgrade.id. Acara ini dimulai pukul 13.00 melalui Google Hangouts Meet dengan tema Upgrade Yourself – Be the Best Version of You. Menurut Ketua Panitia, Ramita Kholifaturrohmah, S. Pd, M.M, secara umum kegiatan ini bertujuan menjadikan peserta lebih siap dalam menghadapi proses rekrutmen kerja.

Banyak peserta yang sangat antusias mendaftar acara ini. Dari target 100 orang peserta, terealisasi hingga 130 peserta yang mendaftar. Peserta didominasi oleh 69,9% Mahasiswa Aktif Unsoed, 24,4% Alumni Unsoed, dan 5,75% Lain-lain. Acara ini dihadiri juga oleh Prof. Dr. Suliyanto, SE., MM selaku Dekan FEB Unsoed, Christina Tri Setyorini, M.Si. , Ak., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Rakhmat Priyono, M.E selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bambang Warsito, S.T. selaku Kabag, Tata Usaha, dan Meike Kusumawati, S.Si. selaku Kasubbag. Akademik dan Kemahasiswaan FEB. 

Pemateri pada acara kali ini yaitu Tita Anwar, M.Psi., Psikolog., PCP dan Ria Aprilia A.,M.Psi., Psikolog., CPC dari ECC Upgrade.id. Beliau menyampaikan bahwa ditengah masa pandemi ini kita dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk mempersiapkan diri sehingga setelah pandemi usai kita menjadi lebih siap dalam menghadapi proses rekrutmen kerja. Banyak hal yang perlu dipersiapkan para pencari kerja seperti memantapkan passion, membranding diri, dan meningkatkan skill yang kita miliki sehingga kita menjadi lebih siap daripada orang lain. Mengenali tipe-tipe perusahaan juga sangat penting sehingga kita tahu dengan tepat tujuan kita dan kita dapat membekali diri dengan lebih baik.

Sesi sharing yang dilakukan di tengah materi menambah hidup suasana workshop ini, yaitu ketika salah satu peserta berbagi pengalaman mengenai makna kesuksesan yang pernah dialaminya. Kesuksesan bagi tiap orang mempunyai makna yang berbeda dan menjadi cerita tersendiri bagi kita. Namun pada intinya kesuksesan adalah sebuah pertemuan antara persiapan dan momentum. Oleh karena itu persiapan menjadi hal yang sangat penting bagi kita dalam menanti momentum yang tepat.

Pada sesi materi interview, selain membahas teori juga diadakan praktek secara langsung berupa simulasi interview online. Simulasi ini dilakukan dua kali oleh dua orang peserta yang dengan antusias mengajukan diri menjadi partisipan interview online. Dalam simulasi ini peserta berhadapan langsung dengan praktisi yang berpengalaman yaitu Ria Aprilia A.,M.Psi., Psikolog., CPC. Kemudian peserta diberi pertanyaan demi pertanyaan seolah-olah sedang melakukan interview online secara nyata. Latihan interview online seperti ini sangat penting dan sudah seharusnya dipersiapkan oleh para pencari kerja karena sudah banyak perusahaaan yang telah menggunakan media online sebagai salah satu sarana dalam melakukan perekrutan terutama ditengah masa pandemi seperti ini. Narasumber pun mengakhiri sesi simulasi ini dengan memberikan beberapa tips and trik ketika diwawancarai oleh perusahaan.

Kemudian pada akhir acara diadakan sebuah kuis bagi para peserta online career dan telah disediakan hadiah-hadiah yang menarik bagi para pemenangnya. Kuis ini dilakukan melalui aplikasi Kahoot dan diikuti oleh para peserta dengan cukup antusias. Para peserta berlomba-lomba mendapatkan untuk mendapatkan skor tertinggi. Tiga pemenang yang mendapatkan skor tertinggi berhak mendapat hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

SELAMAT DAN SUKSES UNTUK PARA PESERTA 

PAHAMI DIRIMU, PAHAMI PERUSAHAAN, DAN PERSIAPKAN DIRIMU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X