Pendidikan Ekonomi

Pendidikan Ekonomi

Program Studi Pendidikan Ekonomi pada saat ini berdasarkan penilaian dari BAN-PT DEPDIKNAS RI No. 846 // SK / BAN_PT / Akred / S / VIII / dalam penilaian tahun 2015 mendapat peringkat “A” yang berlaku sampai dengan 15 Agustus 2020.

Visi Program Studi Pendidikan Ekonomi :

Pada tahun 2026 menjadi program studi penghasil tenaga pendidik yang unggul dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan ekonomi berbasis sumber daya lokal di Jawa Tengah.

Misi Program Studi Pendidikan Ekonomi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses belajar mengajar di bidang pendidikan ekonomi yang berkualitas dan berbasis sumber daya lokal.
  2. Menyelenggarakan   kegiatan   penelitian   yang   dapat   menunjang kompetensi lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang berbasis sumber daya lokal.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat mengimplementasikan hasil-hasil pendidikan dan penelitian berbasis sumber daya lokal.

Tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi:

  1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi utama sebagai seorang pendidik yang unggul dan kompetensi pendukung sebagai seorang peneliti dan wirausahawan dalam bidang pendidikan yang adaptif dengan lingkungan sekitar, menjunjung tinggi nilai moral dan etika dalam bertindak, mampu melihat masa depan (visioner) serta mempunyai kemampuan meningkatkan daya saing.
  2. Menciptakan suasana akademik yang tenang dan teratur dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang adaptif dengan lingkungan sekitar
  3. Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam bidang pendidikan ekonomi yang adaptif dengan lingkungan sekitar.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar
  5. Terselenggaranya kerjasama dengan stakeholder dalam rangka pengembangan Prodi

Kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum Pendidikan Ekonomi memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi Pendidikan Ekonomi. Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Dosen Pengajar Program Studi Pendidikan Ekonomi

  1. Prof. Dr. Suliyanto S.E., M.M.
  2. Dr. Haryadi MSc.
  3. Dr. Rahmad Santosa MS
  4. Sri Lestari SE,MM
  5. Dr. Ratno Purnomo S.E.,M.MSi.
  6. Lina Rifda Naufalin S.Pd. M.Pd.

Kontak

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED Jl. Prof. Dr. H.R. Boenyamin No.708 Grendeng Purwokerto, Central Java INDONESIA 53122

No. Telepon   : (0281) 637970, 639643

No. Faksimili : (0281) 640268

X