70 Persen Prodi di FEB Unsoed Terakreditasi A

Printer-friendly versionSend by email

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.  Akreditasi program studi menjadi suatu keniscayaan bagi institusi pendidikan tinggi dalam rangka penjaminan mutu eksternal suatu institusi penyelenggara pendidikan tinggi, peringkat akreditasi menjadi tolok ukur seberapa berkualitas program studi tersebut dalam penyelenggaraan pendidikan. Merujuk pada Undang Undang No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 53 menyebutkan bahwa sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri atas penjaminan mutu internal yang dikembangkan oleh Perguruan Tinggi dan penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam hal ini menetapkan 7 (tujuh) standar penilaian program studi diantaranya 1) Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian, 2) Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu, 3) Mahasiswa dan Lulusan, 4) Sumberdaya Manusia, 5) Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik, 6) Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, dan Sistem Informasi, 7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama. Menyongsong tahun 2017, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman menatap dengan optimis, hal ini disebabkan pencapaian peringkat akreditasi program studi yang memuaskan selama periode tahun 2016.

Seperti diketahui di tahun 2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis mempunyai tugas berat untuk meningkatkan peringkat akreditasi program studi yang masih B dan mempertahankan peringkat akreditasi yang telah memperoleh peringkat A. program studi yang telah memasuki periode visitasi tahun 2016 diantaranya : Program studi S2 Akuntansi (Magister Akuntansi), S2 Ilmu Ekonomi (Magister Ilmu Ekonomi), S2 Manajemen (Magister Manajemen), D3 Bisnis Internasional, D3 Akuntansi, D3 Administrasi Keuangan, sedangkan prodi baru yang harus sudah terakreditasi diantaranya Prodi S3 Manajemen dan S1 Pendidikan Ekonomi. Adapun posisi peringkat akreditasi program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed saat ini adalah sebagai berikut:

No

Nama Prodi

Akreditasi Lama

Akreditasi Baru

1

S3 Manajemen

Prodi Baru

Menunggu Visitiasi

2

S2 Manajemen (MM)

B

A

3

S2 Akuntansi (MAKSI)

B

A

4

S2 Ilmu Ekonomi (MIE)

B

A

5

S1 Manajemen

A

A

6

S1 Akuntansi

A

A

7

S1 Ekonomi Pembangunan

A

A

8

S1 Pendidikan Ekonomi

Prodi Baru

Sudah Visitasi

9

Profesi Akuntansi

B

A

10

D3 Akuntansi

A

A

11

D3 Bisnis Internasional

A

A

12

D3 Administrasi Keuangan

B

B

13

D3 Kesekretariatan

C

B

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras Tim Akreditasi tiap program studi, pendampingan dari Tim Penjaminan Mutu Fakultas serta Arahan dan dukungan penuh dari pimpinan Fakultas mulai dari Dekan, Wakil Dekan beserta jajaran struktural lainnya. Dengan pencapaian ini menambah motivasi dari segenap civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed untuk menatap target tahun 2017 yaitu Akreditasi Internasional ABEST 21. Maju terus Pantang Menyerah!. (Chip)