Akuntansi FEB Gelar Seminar Nasional

Printer-friendly versionSend by email

Purwokerto (1/11/2018). Bertempat di Gedung Roedhiro Lantai 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED, Jurusan Akuntansi bekerjasama dengan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) menyelenggarakan Seminar Nasional “Standar dan Implementasi Akuntansi untuk UKM”. Acara seminar nasional ini sekaligus merupakan rangkaian program Forum Akuntansi Akhir Semester (FAAS) 2018. Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Rakhmat Priyono, ME, menegaskan bahwa tema yang diangkat pada seminar akuntansi ini sangat sesuai dengan visi dan misi FEB UNSOED maupun Jurusan Akuntansi.

Pembicara dalam seminar nasional ini adalah Singgih Wijayana SE, M. Sc, Ph.D, dari Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI)  dan Dr. Margani Pinasti, M.Si, Ak, CA sebagai dosen dan peneliti dari Jurusan Akuntansi FEB UNSOED. Dalam paparannya, Singgih Wijayana, Ph.D mengupas tentang Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) yang efektif berlaku sejak 1 Januari 2018. Tujuan dikeluarkannya standar akuntansi ini, menurut Singgih, dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah UMKM yang ada di Indonesia. Standar ini diharapkan dapat  membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menerapkan SAK yang lebih komprehensif seiring dengan perkembangan ukuran dan kompleksitas transaksi bisnisnya di masa depan.

Sementara itu, pembicara kedua lebih banyak mengupas mengenai implementasi standar akuntansi pada UMKM. Berdasarkan beberapa riset yang dilakukannya, Dr. Margani Pinasti mengungkapkan bahwa sebagian besar UMKM tidak menerapkan pencatatan sesuai standar akuntansi yang ada. “Di sinilah peran akademisi di bidang akuntansi untuk dapat berkontribusi lebih banyak bagi UMKM lewat penyuluhan, pendampingan, dan alih teknologi lewat aplikasi akuntansi yang mudah”, tuturnya. Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari para peserta seminar serta penyerahan cinderamata kepada pembicara oleh Ketua PPAk FEB UNSOED, Dr. Eliada Herwiyanti, M. Si, Ak. (novi)