Alumni Fakultas Ekonomi Peduli Pendidikan & Lingkungan

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Sebagai wujud rasa kecintaan pada almamater tercinta, Sabtu (12/10) lalu Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Universitas Jenderal Soedirman menggelar kegiatan Bakti Sosial (baksos) di Kecamatan Rembang, Purbalingga. Baksos terbagi dalam 2 kegiatan yaitu pemberian bantuan tas dan seragam sekolah kepada 105 siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rembang serta pemberian 1500 bibit pohon albasia dan jati untuk program penghijauan. Bibit pohon tersebut selanjutnya didistribusikan ke seluruh desa dan juga sekolah yang ada di Kecamatan Rembang. Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Dies Emas Fakultas Ekonomi Unsoed yang jatuh pada bulan Oktober ini. Menurut Drs. Mafudi, M.Si., Ak. selaku ketua panitia, pemilihan lokasi baksos di Kecamatan Rembang ini adalah sebagai ungkapan syukur atas jasa-jasa Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa baksos ini merupakan bukti kepedulian alumni Fakultas Ekonomi Unsoed pada dunia pendidikan dan lingkungan khususnya di Kecamatan Rembang.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Kabag Kesra dan pejabat dinas terkait di Kabupaten Purbalingga, Muspika Kecamatan Rembang, Dekan beserta pimpinan fakultas lainnya serta sejumlah alumni Fakultas Ekonomi Unsoed. Kabag Kesra dalam sambutan Bupati yang dibacakannya, menyambut baik kegiatan bakti sosial yang digagas oleh alumni Fakultas Ekonomi Unsoed dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya Baksos tersebut. Pada kesempatan lainnya, Dr. Pramono Hari Adi, MS. selaku Dekan Fakultas Ekonomi menyatakan bahwa kegiatan Baksos oleh alumni ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Dies NatalisĀ  ke-50 Fakultas Ekonomi Unsoed. Latar belakang dipilihnya Kecamatan Rembang sebagai tempat kegiatan Baksos adalah karena Rembang merupakan tempat kelahiran Pangsar Jenderal Soedirman yang namanya telah diabadikan selama 50 tahun sebagai nama perguruan tinggi tertua di Purwokerto. Ini merupakan bentuk penghormatan alumni kepada tanah kelahiran Jenderal Soedirman, pungkas Dr. Pramono.

Sementara itu selaku tuan rumah, Camat Rembang, Suwarto, SE menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya Rembang sebagai sasaran bakti sosial oleh alumni Fakultas Ekonomi Unsoed. Diharapkannya bahwa bantuan perlengkapan sekolah yang dibagikan kepada 105 siswa kurang mampu yang berasal dari 35 Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Rembang ini dapat lebih meningkatkan semangat dan prestasi belajar mereka. Semoga dari Kecamatan Rembang akan lahir lebih banyak lagi tokoh-tokoh yang berjasa bagi kemajuan negeri tercinta Indonesia ini. (pras)