Bekerja Semakin Bergairah

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Dalam rangkaian kegiatan pelatihan pengembangan SDM dan refreshing, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED melibatkan 90 lebih staf administrasi hingga beberapa pejabat di lingkungan fakultas dalam gelaran ini. Acara yang digelar di lantai 3 Auditorium Gedung Roedhiro dengan menghadirkan Motivator sekaligus Trainer Widodo Aryanto, SE,.MCom. Jumat (24/10).

Dekan Dr. Pramono Hari Adi, MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa, untuk membangkitkan gairah kerja itu perlu, beliau berharap momentum ini dimanfaatkan dengan baik oleh para staf administrasi. Pemberian motivasi merupakan proses dimana kebutuhan untuk mendorong seseorang melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah ke tercapainya sebuah tujuan. Motivasi juga satu hal yang harus dimiliki setiap orang sekalipun anda sebagai seorang pemimpin yang hebat.

Dalam kesempatan ini sang motivator juga mengajarkan akan pentingnya sebuah kerjasama yang baik dan mengingatkan akan tujuan atau capaian baik dari visi dan misi suatu organisasi atau lembaga. Budaya tempat kita bekerja menjadi semacam sebuah rules yang tidak tertulis dan bahkan sesudahnya  menjadi sebuah kebiasaan yang berlangsung sejak awal berdirinya instansi atau perusahaan tersebut. Budaya yang tertanam juga dapat menjadi trademark sebuah instansi apabila rules yang diterapkan itu sangat unik. Salah satu masalah yang paling sering terjadi dalam instansi adalah sulitnya mencari karyawan yang berdedikasi tinggi. Cara memotivasi yang jamak dilakukan oleh instansi besar adalah memberikan gaji setinggi mungkin yang mereka bisa. Namun tentu saja cara ini tidaklah selalu baik. Beberapa cara memotivasi karyawan yang tidak terlalu memberatkan dari segi finansial, diantaranya ingatkan akan visi , misi instansi dan refreshing untuk mengisi kembali energy yang hilang.

Berangkat dari sisi inilah, Sabtu (25/10) FEB UNSOED mencoba untuk melakukan kegiatan bersama di luar instansi dengan tanpa menghilangkan sisi-sisi positif. Lava Tour menjadi objek pilihan dalam melepas penat dari pekerjaan. Tak hanya bisa berefreshing bersama saja tetapi lava tour juga memberikan pelajaran berharga akan keagungan alam. Wawasan akan bahayanya fenomena alam yang selama ini mungkin kita hanya bisa mengetahui dari informasi media saja.

Perlu kita ketahui bahwa budaya instansi adalah salah satu aspek penting saja dalam meningkatkan motivasi kerja, budaya instansi tidak dapat berdiri sendiri. Perlu adanya support dan keseimbangan dari banyak bagian lain yang ada didalam sebuah instansi. Dan yang terakhir adalah perlunya men-sinergikan beberapa faktor dan variabel yang ada untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di sebuah instansi atau perusahaan. (ipunk)