Beswan Djarum, Life Changing Experience

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Pengalaman adalah guru yang berharga. Ya, pepatah bijak yang sudah sering kita dengar itu memang mengajari saya banyak hal. Dengan pengalaman yang ada, saya selalu ingin mencoba hal-hal baru untuk mengasah potensi yang ada dalam diri saya. Pengalaman pun memaknai hidup saya untuk selalu bisa memberikan manfaat tidak hanya untuk diri saya sendiri tetapi juga bagi orang lain. Saya adalah OSYANE LAKSMI TANAYA , mahasiswi angkatan 2011 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED.

Saya merupakan salah satu dari 515 mahasiswa/ mahasiswi terbaik se-Indonesia yang beruntung mendapatkan kesempatan sebagai penerima Beasiswa Unggulan Djarum Foundation atau yang biasa dikenal dengan Beswan Djarum. Sejak tahun 1984, Beswan Djarum yang merupakan salah satu program Djarum Foundation Bakti Pendidikan, telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa/ mahasiswi berprestasi jenjang S1 dari berbagai universitas terkemuka yang ada di Indonesia. Suatu kebanggaan bagi saya bisa menjadi bagian dari keluarga besar Beswan Djarum angkatan 29, dapat bertemu dan saling mengenal para sahabat baru dari Sabang sampai Merauke. Menurut saya, Beswan Djarum adalah life changing experience. Tidak sekedar memberikan beasiswa, tetapi juga membekali kami dengan berbagai kegiatan yang mengasah soft skill dan tentunya pengalaman lainnya yang sangat berharga.

Kegiatan pertama yang kami ikuti sebagai Beswan adalah Nation Building,yang merupakan kegiatan untuk mencintai budaya Indonesia yang bhineka dengan membuat mahakarya pementasan drama musikal yang bertemakan Kalimantan. Kami dilatih oleh para coach yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Kami digodok untuk menguasai gerak tari dan lagu selama 5 hari sebelum pementasan. Disela-sela berlatih, kami juga diajak berkunjung ke pabrik Djarum Foundation, belajar membatik dan juga talkshow bersama tokoh-tokoh yang menginspirasi. Meriah dan Bersemangat. Pertunjukan pun dikemas dengan sangat apik. Inilah kegiatan yang sangat menyatukan kami satu sama lain, juga mengingatkan kami untuk selalu mengabdi pada tanah air tercinta.

Kegiatan kedua adalah kegiatan untuk membentuk karakter kita supaya lebih tangguh dan siap menghadapi tantangan-tantangan untuk meraih kesuksesan. Character Building diselenggarakan di tempat outbond Cikole, Jawa Barat. Kami diberikan pelatihan semi militer supaya  disiplin, bisa bekerja dalam teamwork dan juga memiliki ketangkasan melalui games yang ada. Tidak hanya games seru, kami juga mengikuti kegiatan Caraka Malam dengan mengelilingi hutan Cikole untuk melatih keberanian para Beswan. Kegiatan ini sangat bermakna khususnya bagi saya pribadi, karena saya dipercaya menjadi komandan regu dan membawa tim saya mendapatkan penghargaan terbaik yaitu ”Red Ribbon Award”. Pengalaman ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi saya untuk bisa bertahan dan memberikan yang terbaik dalam hidup walaupun dengan situasi sesulit apapun.

Kegiatan ketiga yang menjadi rangkaian kegiatan Beswan Djarum adalah Leadership Development. Disini kami belajar banyak hal untuk menjadi seorang pemimpin. Mulai dari belajar membuat visi misi, self motivation hingga belajar public speaking yang baik. Belajar pun terasa semakin mengasyikkan karena dimentori oleh orang-orang yang ahli dibidangnya seperti Rosiana Silalahi dan motivator terkenal James Gwee. Kami pun juga ditantang untuk mengaplikasikan langsung dalam presentasi tim juga dalam debate competition. Selain ketiga kegiatan inti diatas, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan seperti Community Empowerment untuk mengabdi pada masyarakat sekitar, Blog dan Writing Competition, juga International Exposure dalam ajang HNMUN atau LIMUN.

Keep trying, Keep Dreaming, Keep Believing, salah satu motto hidup yang saya pegang kuat untuk meraih mimpi. Beswan Djarum adalah salah satu mimpi saya yang memberikan pengalaman-pengalaman berharga sebagai bekal untuk terus berjuang dengan cara menghargai setiap proses yang kita tempuh dalam memaknai kesuksesan. Jangan pernah menyerah pada keadaan dan teruslah menggali potensi diri untuk menginspirasi orang lain dengan guru terbaik dalam hidup yaitu pengalaman. Salam Beswan Djarum ! (osy/phs/ipunk)