Delegasi UNSOED Pada Harvard Nation Model United Nation

Printer-friendly versionSend by email

Universitas Jenderal Soedirman, melalui UKM EFEC Unsoed, kembali memberangkatkan 4 wakilnya dalam kegiatan Harvard Nations Model United Nation (HNMUN) bertempat di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 10-14 Februari 2016. MUN adalah konferensi simulasi model sidang PBB untuk mahasiswa. HNMUN tidak hanya dijadikan simulasi debat dan sidang PBB, namun juga sebagai bahan pelatihan kemampuan dan pengetahuan tentang parlemen muda dan sistem sidang internasional. HNMUN merupakan ajang resmi dan terafiliasi dalam agenda kegiatan PBB tiap tahunnya, dan tahun ini Unsoed kembali berkesempatan mengikutinya beserta ribuan mahasiswa dari 70 negara lainnya. Adapun nama yang menjadi delegasi tahun ini adalah Abdul Hanif Akmaluddin, Aryo Pamungkas, Destiar Tody Pratama, dan Ismi Choirunnisa.

Bermodal persiapan selama berbulan-bulan, delegasi Universitas Jenderal Soedirman siap menjalani acara yang berlangsung selama 4 hari. Hari pertama, seluruh peserta menghadiri upacara pembukaan dan masuk pada sesi komite pertama. Delegasi Unsoed dalam acara ini mewakili satu negara yaitu Republik Guatemala dan masuk dalam 4 komite yaitu, UNEP, CELAC, HGA 1979, dan WCW. Hari kedua, delegasi berkesempatan mengunjungi kampus Universitas Harvard di Cambridge dan berkeliling kota Boston sebagai bagian dari acara, beserta dua sesi komite pada siang dan malam hari. Hari berikutnya, delegasi kembali mengikuti dua sesi komite yang sudah cukup mendalam pada pembahasan isu masing-masing komite berikut dengan resolusinya. Hari terakhir, tepat pada sesi komite keenam seluruh komite telah merancang naskah resolusi dan dipresentasikan pada akhir sesi, juga terdapat upacara penutupan di siang hari. “Merupakan suatu tantangan sekaligus kebanggaan bagi saya, ketika saya harus berbicara di forum internasional sebagai mahasiswa Unsoed diantara mahasiswa dari berbagai negara” tutur Abdul Hanif Akmaluddin, salah seorang delegasi Unsoed.

Sangat disayangkan delegasi Unsoed belum dapat menerima penghargaan dalam sesi komite, namun kekonsistensian dan usaha keras delegasi Universitas Jenderal Soedirman dalam berpartisipasi diajang internasional patut diapresiasi. Semoga kedepan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya, dapat terus berpartisipasi dan berprestasi dalam ajang internasional seperti HNMUN. (Aryo Pamungkas)