Dies FE Diwarnai Pagelaran Wayang Kulit Siter

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Bertempat di lapangan putih Fakultas Ekonomi UNSOED, Sabtu(2/11) mulai pukul 20.00 WIB berlangsung pagelaran wayang kulit siter. Pada pagelaran kali ini, menghadirkan dalang kondang Ki Kuwat Waluyo, dimana dalang ini adalah salah satu alumni mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSOED.

Gelaran wayang kulit siter ini juga sekaligus sebagai gelaran temu alumni dan Malam Penganugrahan Fakultas Ekonomi Award 2013. Diawali dengan penyerahan tokoh wayang si Bawor yang menggambarkan salah satu ciri orang banyumas di serahkan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNSOED Dr. Pramono Hari Adi, MS kepada dalang kondang ini. Tambah beliau dalam sambutannya menyampaikan, akan terimakasih atas partisipasi para alumni dalam rangkaian gelaran ulang tahun emas Fakultas Ekonomi ini. Rangkaian gelaran ini memang dibuat berbeda dari sebelumnya, ujar beliau. Dukungan para alumni yang semakin besar dan kuat, tentunya membuat fakultas harus jauh lebih baik dalam segala aspek. Hal ini dibuktikan dengan sudah banyaknya perkembangan dalam dunia pendidikan, khususnya  dengan sudah munculnya rasa percaya dari Universitas luar negeri dalam pertukaran mahasiswa/i. Dekan juga menyampaikan beberapa program unggulan saat ini yang ada di fakultas seperti Program Doble Degree. Beliau juga tidak lupa memberikan dukungan dan ucapan selamat kepada para mahasiswa  delegasi ajang bergengsi OXFORD IV dan  mahasiswa yang akan di berangkatkan ke HARVARD University.

Dikesempatan yang sama Drs. Mafudi, M.Si,Ak menyampaikan laporannya, bahwa gelaran wayang kulit ini merupakan salah satu agenda Dies Natalis ke 50th Fakultas Ekonomi UNSOED. Dimana sebelumnya telah diadakan lomba olahraga, lomba vocal, anjang sana, bakti sosial, tasyakuran, jalan sehat, SEMNAS, Seminar Internasional ICORE-2013 dan Konggres AFEBI. Lebih lanjut beliau menyampaikan laporan dana yang terkumpul dari para alumni akan sumbangsihnya dalam sebagian besar kegiatan perayaan hari ulang tahun emas Fakultas Ekonomi ini.

Prof.Drs. Mochammad Tholib selaku pendiri sekaligus mantan Dekan periode tahun 1994-1997 dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya bangga akan gelaran ini yang dapat mempertemukan para alumni untuk bisa saling silahturahmi dan bersanda gurau. Beliau juga bangga, sebagian besar para alumni telah sukses dalam menitih karir. Lebih lanjut beliau juga menceritakan akan masa lalu berdirinya fakultas kuning ini, yang semasa dulunya diawali dengan kondisi kampus ala kadarnya.

Pagelaran wayang kulit siter ini menceritakan akan awal berdirinya Fakultas Ekonomi hingga mencapai kesuksesan di usia 50th, yang tepatnya jatuh pada tanggal 9 Oktober 2013. Gelaran ini juga diisi dengan pagelaran budaya daerah, khususnya dalam suguhan seni musik kulintang dan gamelan oleh kolaborasi dari ibu-ibu Dharma Wanita Fakultas Ekonomi UNSOED. Pagelaran temu alumni dan wayang kulit siter ini ditutup dengan serangkaiang penganugerahan Fakultas Ekonomi Award 2013 yang dimana penghargaan ini diberikan kepada pendiri fakultas seperti, Prof.Drs. Roedhiro (Alm) dan Drs.H Ahmad. Penghargaan untuk kategori alumni sebagai Guru besar diberikan kepada Prof.Drs. Teguh Djiwanto, Prof.Drs. Yuwono Basri, Prof.Dr. Sarwedi, Prof.Dr. Agus Suroso,MS. Penganugrahan untuk kategori pencapaian prestasi Direktur diberikan kepada Drs. Rudy Wicaksono,MBA dan Drs. Slamet Riyadi. Maruto selaku alumni anggkatan 1982 sekaligus sebagai dosen Ekonomi dan Bisnis UNDIP telah terpilih sebagai ketua KAFE (Keluarga Besar Fakultas Ekonomi) dalam agenda rembug alumni. Acara tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari para tamu undangan dan alumni. Semoga Fakultas Ekonomi UNSOED semakin jaya dalam kanca Nasional maupun Internasional.(ipunk)