Dosen FEB UNSOED Pelatihan E-Learning

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED sebagai institusi pendidikan telah menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan akademiknya. Salah satunya dengan implementasi e-learning melalui portal e-learning.unsoed.ac.id . Sejak dilaunchingnya portal e-learning ini telah mengalami banyak pengembangan. Dengan didukung oleh kapasitas bandwidth yang memadai, maka pembelajaran online melalui portal tersebut tentunya mampu diimplementasikan dengan lancar.

Sebanyak 30 lebih Dosen FEB, mulai Rabu (22/10) dan Jumat (24/10) menjalani pelatiha e-learning di Lti.3 Gedung Roedhiro. Dengan menghadirkan pembicara Ardiansyah, S.TP,M.Si, Ph.D dan Akhmad Rizqul Karim,SP,M.Sc Dosen Fakultas Pertanian , Eko Murdyantoro AM, ST, MT Dosen Fakultas Sains dan Teknik dan Aribawa JIS, SE Staf Kantor Pusat, metode elearning di FEB merupakan blended learning, dimana metode pembelajarannya masih menggabungkan materi antara tatap muka dengan materi online. Disamping itu,learning ini tetap bisa menjaga hak cipta materi kuliah dari dosen tersebut.

Dekan FEB Dr. Pramono Hari Adi,MS dalam sambutannya mengajak semua dosen untuk merefresh lagi penggunaan e-learning dalam perkuliahannya. “Saat ini e-learning atau kuliah jarak jauh sudah suatu keharusan untuk diterapkan” ungkapnya.  Dengan adanya e-learning, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih banyak dari dosennya. Sebab, biasanya secara konvensional, pemberian materi dosen terbatas. Hal ini juga membantu mahasiswa dalam mencapai proses pembelajrannya.

Pelatihan pada hari pertama, para peserta dikenalkan teknik ubah profil, edit deskripsi mata kuliah, upload silabus dan bahan kuliah. Pada hari kedua para peserta kembali di kenalkan teknik membuat tugas, quiz, serta mengecek dan memberikan penilaian kepada tugas mahasiswa yang sudah diunggah. Para peserta pelatihan merasa e-learning ternyata mudah dan interaktif untuk digunakan. Melalui kegiatan ini diharapkan para dosen FEB UNSOED untuk dapat menerapkan pembelajaran online di kala menjalankan tugas, sekalipun itu sedang berada di luar kota. Sehingga perkuliahan tetap bisa berjalan. (ipunk)