FE gelar Workshop Universal Design for Learning (UDL)

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Bertempat di gedung Roedhiro lantai 3, Fakultas Ekonomi UNSOED Senin (3/6) menyelenggarakan Workshop Universal Design for Learning (UDL). Gelaran ilmiah ini menghadirkan pembicara Christopher Foertsch dari Highline Community College Amerika Serikat.

Hadir dalam kegiatan akademik tersebut  Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Pramono Hari Adi,MS. , para staf pengajar dari tiga jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi UNSOED serta mahasiswa. Dalam sambutannya, dekan menyampaikan harapannya agar workshop ini dapat memberikan wawasan baru tentang metode pembelajan yang dapat diterapkan di Fakultas Ekonomi.  

Dalam presentasinya, Christopher Foertsch  menyampaikan ide tentang Universal Design for Learning (UDL). UDL sendiri berbicara tentang desain umum untuk pembelajaran yang meliputi beberapa aspek, diantaranya menggunakan penelitian otak saat ini dalam menginformasikan pendekatan pedagogis dalam mengajar, menghormati keragaman gaya belajar peserta didik, mengubah cara mengajar untuk lebih menghargai cara kita belajar. Gelaran workshop yang di moderatori oleh Krisnhoe Rahmi Fitrijati, SE, M.Si,Ak ini merupakan awal untuk memberikan gambaran dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan efektif. Penerapan UDL memungkinkan seorang pengajar untuk mengajar dalam sebuah kelas dengan populasi beragam tanpa harus merubah materi pembelajaran ataupun target capaiannya. Disamping itu UDL juga memungkinkan anda untuk menyiapkan materi dan model mengajaran secara terstruktur dan sistematis. UDL juga dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa, prestasi, dan kepuasan belajarnya.(pras/PSI-FE)