FEB Terapkan E-Voting Dalam Pemilihan Pengelola Jurusan

Printer-friendly versionSend by email

Untuk pertama kalinya dalam mekanisme pemilihan pengelola jurusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed menerapkan metode pemilihan secara E-Voting.  Ketua Panitia Pemilihan, Dr.Haryadi, M.Sc menyampaikan bahwa pada tanggal 19 Januari 2018, Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan melaksanakan Pemilihan Pengelola Jurusan. Formasi yang tersedia adalah sebanyak sembilan yaitu untuk Jabatan Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Koordinator Jurusan. Adapun Jurusan yang terdapat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Jurusan Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi.

Sesuai Tata Tertib dalam pemilihan pengelola jurusan, maka mekanisme pemilihan dilaksanakan melalui dua acara yaitu pemilihan secara langsung dan pemilihan secara E-Voting. Untuk pemilihan secara langsung maka pemilih mendatangi secara langsung tempat pemungutan suara di Aula Gedung Rhoediro Lantai pada Jumat 19 Januari 2018 Pukul 09.00 sampai dengan 14.00

Sedangkan untuk pemilihan menggunakan mekanisme E-Voting, prosedurnya adalah pemilih diwajibkan melakukan pendaftaran sebagai pemilih secara online melalui url evoting.feb.unsoed.ac.id. Pemilih yang sudah  mendaftar akan diverikasi, pada tahap selanjutnya akan mendapatkan user dan password pengguna untuk dapat melakukan pemilihan secara E-Voting. Seperti halnya pada pelaksanaan pemilihan secara langsung, mekanisme pemilihan secara langsung juga dilaksanakan pada Jumat 19 Januari 2018 Pukul 09.00 sampai dengan 14.00.

Wakil Dekan Bidang I, Dr. Adi Indrayanto, M.Sc yang membidangi Sistem Informasi bersama dengan Kasubbag Perencanaan dan Sistem Informasi, Adi Priyono, M.Si meyampaikan bahwa untuk pelaksanaan pemilihan pengelola jurusan secara E-Voting sangat memperhatikan aspek keamanan  dan  kerahasiaan data pemilih yaitu antara lain melalui proses verifikasi dan validitas data pemilih kemudian melalui proses  enkripsi dengan demikian pemilih diharapkan tidak perlu kwatir mengenai hal tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Pemilihan, Dr. Haryadi, M.Sc juga menyampaikan bahwa pemilihan pengelola jurusan melalui  mekanisme E-Voting pada dasarnya adalah untuk mengakomodasi hak-hak  para pemilih yang tidak bisa mengikuti pemilihan secara langsung baik karena sedang melaksanakan tugas  di luar kota, mengikuti studi lanjut maupun kepentingan yang lain. Dengan demikian diharapkan partisipasi pemilih pada pemilihan pengelola jurusan akan tinggi.

Pada kesempatan sosialisasi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Suliyanto, M.M juga mengapresiasi hasil kerja Subbag. Perencanaan dan Sistem Informasi yaitu  Tim Pengembang E-Voting yang dikoordinasi oleh Bagus Budi Pratomo, S.Kom dalam waktu singkat dapat memfasilitasi mekanisme E-Voting sekaligus menyampaikan saran-saran guna pengembangan sistem ini. Kedepan diharapkan mekanisme E_voting ini dapat terus digunakan terutama setelah melalui proses penyempurnaan sistem.

 

Maju Terus Pantang Mundur Tidak Kenal Menyerah. (AP)