FEB UNSOED Jalin Kerjasama Dengan TU Japan

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

FEB UNSOED menindaklanjuti MOU antara UNSOED dengan Takamatsu University (TU) dengan menyepakati kerjasama pertukaran mahasiswa (student exchange) yang bisa berlanjut menjadi program gelar ganda (double degree). Kesepakatan kerjasama tersebut  dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOA) antara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED dengan Dekan Faculty of Business Administration, Takamatsu University, yang ditandatangani pada hari Kamis, 9 Oktober 2014.

Dalam MOA ini disepakati beberapa kesepakatan, satu FEB UNSOED dan FBA TU bersepakat saling menerima mahasiswa dalam student exchange sebanyak 2 orang pertahun dari masing-masing universitas, dua kredit yang diperoleh mahasiswa selama belajar di universitas partner dapat diakui oleh masing-masing universitas dan dapat ditransfer, tiga durasi belajarnya adalah 2 semester (1 tahun), tiga masing-masing universitas membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa international peserta program student exchange, enam bahasa pengantar perkuliahan di TU adalah bahasa Jepang sedangkan perkuliahan di FEB UNSOED dalam bahasa Inggris.

Dalam catatan tambahan dalam kesepakatan ini, tertulis bahwa bila peserta student exchange yang melanjutkan studi lagi selama 1 tahun (sehingga total durasi belajarnya menjadi 4 semester atau 2 tahun) maka pihak TU akan memberikan gelar Bachelor of Business Administration (BBA).

Kelebihan lain dalam program kerjasama dengan TU adalah terbukanya kesempatan kerja bagi mahasiswa peserta student exchange.  Mahasiswa diperkenankan bekerja maksimal 4 jam per hari dengan bayaran sekitar Y1000 (atau sekitar Rp. 120.000) per jam. Diharapkan mahasiswa dapat membiayai sendiri keperluan akomodasi dan biaya hidup lainnya dengan hasil dari bekerja sampingan.  Pihak TU menjamin bahwa mahasiswa dalam program ini bisa mendapatkan pekerjaan.  Di Universitas ini mahasiswa diwajibkan untuk bekerja paruh waktu sambil kuliah.  Ini bagian dari model pembelajaran yang mereka tawarkan. 

Setelah meeting dan penandatanganan MOA, delegasi FEB UNSOED diajak untuk campus tour termasuk untuk melihat asrama untuk mahasiswa FEB UNSOED bila mengikuti program ini.  Untuk mempererat persahabatan, delegasi UNSOED membuat makanan kolaborasi nasi goreng dan sushi.  Para pimpinan universitas menikmati "shusi nasi goreng".

Setelah campus tour, delegasi FEB UNSOED juga melakukan company tour, melihat tempat-tempat yang biasanya mahasiswa bekerja paruh waktu dan juga city tour untuk melihat keindahan kota Takamatsu.

Terimakasih kepada para pimpinan Takamatsu University, terutama Professor Maruyama, Dekan Faculty of Business Administration yang menyiapkan segala keperluan administrasi untuk keperluan visa dan juga mendampingi (dan mentraktir) kami selama kami di Takamatsu.

Untuk para mahasiswa FEB yang tertarik untuk mengikuti program ini agar segera belajar dan memperlancar Bahasa Jepangnya.  Arigato Gosaemas.(AP)