FEB Unsoed Menunjukan Taringnya Pada Kompetisi DIEN UNY 2015

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Universitas Jenderal Soedirman kembali menunjukkan taringnya di kompetisi debat ekonomi tingkat nasional, DIEN UNY 2015, yang diadakan pada Oktober lalu. Diwakili oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman mengirimkan 2 tim, Unsoed 1: Rila Aprillia (IESP 2013), Ari Rachdiani (IESP 2014), Annisara Shifa (Akutansi 2014) dan Unsoed 2: Ira Aprilianti (IESP 2012), Yayu Anggraeni (IESP 2014) dan Sandika Putra (IESP 2014). Berbekal persiapan matang, mereka berangkat menuju Universitas Negeri Yogyakarta dengan penuh keyakinan untuk melawan 21 tim lainnya dari berbagai universitas di Indonesia.

Pada tahap pertama, Unsoed 1 berhasil melalui perlawanan dari tim UPN dan Unsoed 2 berhasil menghadapi perlawan sengit dari Universitas Padjajaran. Unsoed 1 dan Unsoed 2 berhasil malaju ke tahap selanjutnya. Pada tahap 2, Unsoed 1 menghadapi tim dari Universitas Budi Luhur sedangkan Unsoed 2 menghadapi tim dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kedua tim Unsoed kembali merebut kemenangan dan berhak melaju ke babak semifinal. Sayang, pada babak semifinal terjadi perang saudara antara Unsoed 1 dan Unsoed 2. Pertandingan antar tim Unsoed akhirnya dimenangi oleh Unsoed 2, dan sekaligus mewakili Unsoed pada babak final melawan tim dari Universitas Gadjah Mada, sedangkan Unsoed 1 akan berebut tempat ketiga berhadapan dengan Universitas Sriwijaya.

Babak final berlangsung sangat ketat, kedua tim saling beradu argumen tentang mosi yang diperdebatkan. Namun sayang, pada akhirnya tim Unsoed gagal membendung keperkasaan tim Universitas Gadjah Mada, dan Unsoed 1 harus puas meraih juara 2. Pada perebutan juara 3, tim Unsoed 1 berhasil merebut juara 3 karena memiliki total nilai lebih tinggi dibanding tim Universitas Sriwijaya.

Semoga hasil ini dapat memotivasi para delegasi dan mahasiswa Unsoed lainnya untuk terus mengasah minat dan bakatnya agar dapat mengibarkan panji Unsoed di kompetisi berikutnya.  (R)