ICORE 2013 Kuatkan Kerjasama 3 Negara

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Setelah sebelumnya digelar di Malaysia tahun 2012 lalu, kali ini Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto menjadi tuan rumah The 2nd International Conference on Rural Development and Entrepreneurship(ICORE) 2013. ICORE merupakan hasil kolaborasi 3 universitas dari 3 negara yaitu Universitas Jenderal Soedirman (Fakultas Ekonomi), Universiti Utara Malaysia dan Hebei University, China. Bertempat di Hotel Aston Imperium Purwokerto, konferensi yang berlangsung pada tanggal 2 & 3 November 2013 ini dihadiri oleh puluhan akademisi dari ketiga negara. Mereka saling mencurahkan ide gagasannya tentang pembangunan perdesaan dan kewirausahaan.

Acara yang mengusung tema “Enhancing the Services Sector” ini dibuka oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS. Dalam sambutannya, Rektor mengungkapkan pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi dengan sektor usaha kecil dan menengah. “Diperlukan akselerasi kerjasama penelitian untuk menanamkan gairah wirausaha dan meningkatkan pembangunan pedesaan”, tambah Prof. Yedi. Konferensi yang diikuti oleh para akademisi dan pelaku usaha tersebut menghadirkan 4 orang pembicara utama. Mereka adalah Yuana Sutyowati (Direktur Utama LLP-KUMKM), Prof. Wang Yajiang (Professor of Management Hebei University, China), KMA. Eva Kurniaty, M.Sc. (Corporate leader & Indonesian District Governor) dan M. Hasni Ibrahim (Hasrin Hasni Associates Malaysia). Topik diskusi yang cukup menarik peserta konferensi adalah pembangunan perdesaan yang saat ini tengah menjadi isu strategis di Indonesia, mengingat masih banyak potensi yang perlu dikembangkan oleh para pemangku kepentingan. Dalam hal ini pemerintah serta akademisi dituntut untuk lebih berperan sebagai fasilitator, dinamisator sekaligus akselerator pembangunan perdesaan.

Konferensi ditutup Minggu (3/11) dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh perwakilan ketiga universitas. Ketiga perguruan tinggi sepakat bahwa ICORE 2014 akan dilaksanakan di Hebei University China. (pras)