Inter Faculty Debating Championship (IFDC) 2015

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Fakultas Ekonomi dan Bisnis meraih juara dua dalam ajang lomba debat bahasa Inggris tingkat Universitas Jenderal Soedirman, Inter Faculty Debating Championship (IFDC) 2015. Tahun ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis melalui UKM Bahasa Inggris tingkat fakultas, EFEC, mengirimkan satu tim debat yang terdiri dari; Agnes Irawati (Akuntansi Internasional-2014), Annisara Shifa (Akuntansi-2014) dan Rila Aprillia (IESP-2013) dan 4 orang juri; Yayu Anggraeni (IESP-2014), Ari Rachdiani (IESP-2014), Sandika Putra (IESP-2014) dan Maharensi Ariyansyah (Manajemen-2013).

Babak demi babak dilalui dengan sangat baik oleh tim debat Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Babak preliminary round dapat dilalui sempurna oleh tim Ekonomi dan Bisnis tanpa kehilangan satu victory points. Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaju ke tahap quarterfinal dengan posisi breaking peringkat 1. Perdebatan sengit di babak perempatfinal dan semifinal pun dapat dilalui dengan baik oleh tim debat Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan meyakinkan. Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaju ke babak grandfinal dan berhadapan dengan tim kuat lainnya dari Fakultas Teknik. Sayang, tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis tergelincir di babak grand final dan harus mengakui keunggulan tim Fakultas Teknik di babak final dan harus rela meraih gelar juara 2.

Dilain sisi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga mengirimkan 4 juri yang bersaing memperoleh kredibilitas dan kualitas penjurian. Hasilnya, dalam beberapa ronde, Yayu dan Sandika secara berganti-gantian menjadi chair  adjudicator. Melihat penampilan dan kemampuan menjuri yang baik, Sandika dan Yayu dipercaya menjadi juri babak grand final lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMA, JSDC, yang diselenggarakan bersamaan dengan IFDC. Secara peringkat keseluruhan, Yayu Anggraeni dari Fakultas Ekonomi mendapatkan predikat Juri N1 terbaik, di ikuti oleh Ari Rachdiani di peringkat 2, Sandika Putra di peringkat 3 dan Maharensi Ariyansyah di peringkat 5 dari total 25 Juri N1.

Untuk perolehan Individual lainnya, Agnes Irawati dari tim Ekonomi dan Bisnis mendapatkan predikat Best of the Best Speaker, di ikuti oleh Rila di peringkat 3 dan Annisara Shifa di peringkat 4 pembicara terbaik dari total 66 pembicara pada kompetisi tersebut.

Selamat kepada para delegasi yang telah berusaha keras. Semoga hasil ini dapat memacu semangat untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Universitas Jenderal Soedirman. (R)