Kuliah Kebanksentralan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto

Printer-friendly versionSend by email

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang Kebanksentralan, Jurusan Ekonomi Pembangunan mengadakan kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan buah kerjasama antara Bank Indonesia dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman yang sudah terjalin sejak tahun 2007.

Acara ini dihadiri oleh 80 Mahasiwa dari Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Kelas Reguler maupun Internasional, dosen pengampu serta perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed.

Dalam sambutannya Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Bapak Fadil Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran mahasiswa yang antusias untuk mengenal lebih  jauh pemahaman tentang  kebanksentralan, beliau juga memberikan sedikit gambaran umum tentang Otoritas Bank Indonesia sebagai lembaga keuangan.

Drs. Rachmat Priyono, ME sebagai perwakilan dari FEB Unsoed juga memberikan sambutan serta ucapan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan baik sampai saat ini, tidak lupa pesan untuk mahasiwa agar memperhatikan setiap materi yang diberikan.

Bertindak sebagai pembicara Joko Susilo yang merupakan Asisten Manajer di Bank Indonesia Purwokerto memberikan materi tentang proses kliring di Bank Indonesia, perbedaan antara Cek dan Bilyet Giro serta tata cara penggunaan dari Cek dan Bilyet Giro.

Seusai pemaparan Mahasiswa diajak keliling untuk melihat secara langsung Proses Kliring, melihat proses penghancuran uang kertas yang telah rusak, serta mengunjungi Perpustakaan Bank Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menambah ilmu tentang keBank Sentralan dan juga memberikan gambaran secara umum tugas serta otoritas di Bank Indonesia.

Maju Terus Pantang Menyerah