Kuliah Umum Kebijakan Pedagangan Pemerintah

Printer-friendly versionSend by email

Bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan RI, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman sukses menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Kebijakan Pemerintah dalam Pengamanan Perdagangan dan Antisipasi Dampak Perang Perdagangan. Berperan sebagai pembicara dalam kuliah umum kali ini adalah Dr. Ir. Kasan Muhri selaku Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan RI.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2018 di Gedung Roedhiro ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta mengenai kebijakan perdagangan pemerintah Indonesia baik secara nasional maupun global. Beberapa permasalahan yang dipaparkan antara lain mengenai peluang ekspor indonesia ditengah perang dagang Amerika Serikat dan RRT serta kebijakan pengamanan perdagangan.

Dibuka dengan sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unsoed Dr. Adi Indrayanto, S.E., M.Sc, susunan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sesi diskusi. Pada sesi diskusi, peserta kuliah umum mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan e-commerce, keselarasan implementasi kebijakan antar kementrian dan fenomena global yang mempengaruhi kebijakan pemerintah mengenai perdagangan. Selain itu, Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan RI juga memberikan pertanyaan berupa studi kasus kepada peserta berkaitan dengan rekomendasi kebijakan perdagangan akibat dari keanggotaan Indonesia pada forum ekonomi global. Sesi diskusi diakhiri dengan pemberian apresiasi dari Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan RI kepada para peserta yang berhasil menjawab dan mengajukan pertanyaan.

Acara kali ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman kepada Dr. Ir. Kasan Muhri  selaku Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan RI yang berperan sebagai pembicara.