Kuliah Umum Social Enterprise and Social Investing

Printer-friendly versionSend by email

Purwokerto – Rabu(12/4) Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan mengadakan kegiatan kuliah umum tentang Social Enterprise and Social Investing,kegiatan ini diisi oleh Indah Nuritasari ia merupakan lulusan Sastra Jerman Universitas Indonesia, Master Bidang Perencanaan dan kebijakan Publik UI serta sekarang beliau sedang mengambil master Program In Nonprofit Leadirship di University Of Pennsylvania Philadelphia.beliau bekerja di Women's Opportunities Resource Center Philadelphia serta mempunyai Latar Belakang Jurnalistik, dan juga merupakan Wartawan dari Media Tempo.

Kegiatan ini disambut langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik yang sekaligus membuka acara pada siang hari ini, dalam sambutanya mengucapkan selamat datang ke Purwokerto. Topik kali ini akan membahas tentang Social Enterprise dan Social Investing, mudah-mudahan dengan acara ini dapat menambah ilmu yang bermanfaat.

Mengawali kuliah umum pada pagi hari ini, Indah mengatakan bahwa kenapa banyak orang Indonesia tidak banyak mendapat beasiswa ke Amerika?ini dikarenakan jumlah aplikasi pelamar yang tidak cukup, ini merupakan kabar baik bagi kita semua karena peluang untuk mendapatkan beasiswa sangat terbuka lebar dengan kuota yang besar karena Indonesia merupakan negara yang besar. Ia juga membahas tentang Social Enterprise yang merupakan Inovasi Sosial, Inovasi Sosial merupakan solusi ideal untuk memecahkan yang lebih efektif dari pada solusi jangka pendek. Sosial Enterprise juga berbeda dengan CSR, jika CSR harus Mendapat keuntungan terlebih dahulu baru memberi untuk lingkungan social, sedangkan Social Enterprise Prinsip Sosial dan Prinsip Profit itu harus seimbang.

Hampir lebih dari satu jam diskusi berjalan dan sangat menarik untuk diikuti, berbagai pertanyaan tantang apa itu Social Enterprise and Social Investing sudah dapat dijawab, semoga dengan acara ini dapat berguna bagi peserta kuliah umum dan semoga akan ada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed di Amerika yang mengikuti jejak Indah Nuritasari dikemudian hari. Maju Terus Pantang Menyerah.(Bgs)