Kuliah Umum Urban Environmental Management

Printer-friendly versionSend by email

Selasa(24/7), Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB UNSOED) menyelenggarakan kuliah umum Urban Environmental Management dengan pembicara Professor David Joel Edelman, Ph.D dari University of Cincinnati, Amerika Serikat. Prof. David merupakan akademisi dan praktisi yang telah berkecimpung selama dua puluh tahun di empat puluh lima negara dalam bidang perencanaan pembangunan. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari Jurusan Ekonomi Pembangunan maupun jurusan-jurusan lain di FEB UNSOED.

Kuliah umum mengenai Urban Environmental Management ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama membahas mengenai gambaran umum Urban Environmental Management, dan tahap kedua adalah tujuan Urban Environmental Management. Prof. David memulai kuliahnya dengan menceritakan mengenai latar belakang studi Urban Environmental Management yaitu adanya urbanisasi. Urbanisasi menciptakan masalah baru bagi masyarakat kota (urban) maupun bagi masyarakat desa (rural). Salah satu tantangan perencanaan pembangunan menurut Prof. David adalah karena melibatkan multi aktor dengan multi perspektif dan tujuan, sehingga diperlukan pendekatan multi disiplin untuk mengatasinya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan perencanaan pembangunan diantaranya adalah permintaan atas jasa (demand or requirement for a service), pada level apa jasa atau layanan tersebut diberikan (at what level it will be provided), teknologi apa yang dipilih untuk memberikan jasa (which technology will be chosen to deliver the service) dan bagaimana membiayainya (how it will be financed). Prof. David menutup kuliah umum dengan menekankan bahwa dengan lebih dari 50% populasi di dunia tinggal di kota dan tingginya tingkat pengembangan kota di negara-negara berkembang, Urban Environmental Management telah menjadi salah satu tantangan paling sulit yang dihadapi oleh pemerintah.  Isu ini sebaiknya menjadi prioritas bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup warganya. (nov)