LCC 2015 Bekali Generasi Muda akan Pengetahuan Pajak

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

PURWOKERTOfeb.unsoed.ac.id,  Sebagai salah satu andalan sumber penerimaan negara, sektor pajak menjadi tulang punggung pembiayaan Pemerintah guna menjalankan fungsinya untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Masyarakatpun harus memiliki pemahaman sekaligus kesadaran dalam pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan untuk memastikan keandalan penerimaan Negara. Pengetahuan akan perpajakan ini perlu ditumbuhkan sejak dini, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.

Tax Center UNSOED sebagai pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan bekerjasama dengan Kanwil Dirjen Pajak Jawa Tengah II, di gedung F Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED menggelar “Lomba Cerdas Cermat (LCC) Perpajakan Tingkat SMA/SMK sekarisidenan Banyumas dan sekitarnya”. Selasa (3/11).

Koordinator pelaksana kegiatan Icuk Rangga Bawono, SH, SE, M.Si,Ak, MH., mengatakan jumlah peserta dari 14 sekolah dengan 37 tim mengalami peningkatan 10 persen dari tahun lalu. Kegiatan rutin di tahun ke 4 ini, tahapan test berubah dari tahun sebelumnya dimana test tertulis tidak diadakan dengan sistem batch namun serentak, tagasnya. Tambahnya, bahwa tahun ini juga diadakan uji keterampilan mengisi dokumen pajak seperti SPT SSP dan dokumen lain.

Uji terakhir adalah wawancara serentak yang di uji oleh tim dari UNSOED, KPP Pratama Purwokerto, KPP Pratama Purbalingga dan kantor wilayah DJP Jawa Tengah II. Juara I Pada regional kabupaten banyumas dan sekitarnya akan dikirimkan pada grand final LCC di kanwil DJP Jawa Tengah II di Surakarta pada pertengahan November 2015. LCC regional kab banyumas dan sekitarnya memperebutkan hadiah total 10 juta piagam penghargaan dan merchandise. 

Besar akan harapan dari gelaran LCC 2015, agar dapat membekali generasi muda dalam memahami dan mengenal pajak sejak dini untuk mempersiapkan generasi muda sebagai agen perubahan yang nantinya dapat membawa Indonesia di masa yang akan datang. (ipunk)