Mahasiswa FEB Unsoed Menjadi Finalis Simposium Akuntansi Nasional 2018

Printer-friendly versionSend by email

Civitas Akademika FEB UNSOED mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas prestasi besar yang diraih oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang lolos menjadi Penyaji Paper dalam Simposium Nasional Mahasiswa Akuntansi (SIMPONAS) 2018 yang bertempat di Balai Kartini, Jakarta Selatan dari tanggal 11 s/d 13 desember 2018. Mereka berjumlah 3 orang diantaranya Dhani Kurniawan (Akuntansi Internasional 2016) , Yustiandito Iqbal (Akuntansi Internasional 2016), dan Willy Aji Pangestu (Akuntansi Reguler 2017). SIMPONAS merupakan agenda tahunan sebagai ajang bertukar pikiran dan gagasan para mahasiswa berprestasi jurusan Akuntansi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Dengan mengikuti SIMPONAS 2018, mahasiswa juga dapat mengasah kemampuan intelektualitas dan berpikir ilmiah. SIMPONAS merupakan bagian dari APAEvent (Aspiring Professional Accountants) yang diadakah dalam Kongres XIII dan HUT ke-61 Ikatan Akuntan Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersebut secara resmi dibuka dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo dan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Dr. Sri Mulyani, M.Sc. yang bertempat di Istana Negara Jakarta. Didalam sambutannya Bapak Presiden menekankan pentingnya fungsi akuntansi dalam sebuah institusi untuk sarana transparansi dan akuntabilitas publik. Akuntan diharapkan dapat berkontribusi bagi pengelolaan dana desa yang telah dikucurkan pemerintah senilai 187 triliun agar penggunaan dan pemanfaatan dapat optimal dan terhindar dari penyimpangan. Sementara itu Ibu Menteri Keuangan menjelaskan upaya yang harus dilakukan Akuntan dalam menghadapi Suistainable Development Goals 2030 dengan memperkuat implementasi dari Etika Profesi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, harapannya mereka bisa bekerja dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana penunjang, bukan teknologi yang memanfaatkan akuntan.

Untuk lolos menjadi 12 besar finalis bukanlah perjuangan yang mudah, karena pada tahap awal seluruh finalis harus melalui sesi penjurian dari karya yang telah dibuat. Karya tersebut berupa Paper dan Video. Jumlah peserta yang mengirimkan Karyanya sebanyak 105 kampus yang terdiri dari berbagai macam Tema sesuai dengan yang dipilih. Kemudian juri melakukan seleksi untuk menentukan 12 finalis terbaik dengan rincian masing-masing tema sebanyak 3 finalis (Lomba terdiri dari 4 jenis Tema). Tim Universitas Jenderal Soedirman sendiri memilih Tema 2 yakni Peran Akuntan dalam Peningkatan Akuntabilitas Publik dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dengan Topik pembahasan berupa Peran Akuntan dalam Pengelolaan dana desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Rincian beberapa kampus yang lolos 12 besar selain Universitas Jenderal Soedirman diantaranya Perbanas Institute, PPM Manajemen Jakarta, Trisaksi School of Management, Universitas Bunda Mulia, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Widyamandala, dan Universitas Satya Wacana.

Diakhir sesi, seluruh civitas akademika FEB UNSOED berharap Semoga prestasi yang telah diraih ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki sehingga dapat menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia. Seluruh perjuangan keras dan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan diiringi Doa kepada Tuhan YME, karena pada hakikatnya semua itu kita sendiri yang mengatur dan menentukan akan seberapa jauh hasil yang didapatkan dengan usaha yang telah dilakukan. (Willy AP)