Overseas Research Program Takamatsu University & FEB UNSOED

Printer-friendly versionSend by email

Takamatsu University, Jepang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED menyelenggarakan “Overseas Research Program”. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 11 – 13 Maret 2018 ini diikuti oleh dua orang mahasiswa Takamatsu University dan satu orang dosen pendamping. Kedua orang mahasiswa tersebut adalah Fujisawa Yohei dan Muzuguchi Yuta, sedangkan dosen pendampingnya adalah Prof. Okamoto Takehito. Mereka berasal dari Faculty of Business Administration, Takamatsu University Jepang.

Delegasi Takamatsu University tiba di Purwokerto pada Sabtu malam, 10 Maret 2018. Keesokan harinya mereka mengunjungi Baturraden dan beberapa tempat wisata lain yang berada di sekitar kota Purwokerto untuk mempelajari potensi dan pengelolaan pariwisata di Kabupaten Banyumas.

Senin, 12 Maret 2018 delegasi diterima oleh Dekan FEB UNSOED, Prof. Dr. Suliyanto di ruang dekan untuk ramah tamah. Dekan menyambut baik program Overseas Research dari Takamatsu University dan mendukung kegiatan tersebut dengan melakukan fasilitasi Company Visit ke beberapa perusahaan di Purwokerto dan Purbalingga. Seusai pertemuan dengan Dekan, delegasi menuju ke PT. Bio Takara yang terletak di Jalan Gerilya Purwokerto untuk melakukan Company Visit. Dua orang mahasiswa Takamatsu University beserta dosen pendamping tersebut mempelajari proses produksi gula semut, bulu mata palsu dan sepatu. Gula semut dan bulu mata palsu merupakan produk unggulan PT. Bio Takara yang diekspor ke berbagai negara termasuk Jepang.

Setelah kunjungan di PT. Bio Takara, delegasi kembali ke kampus FEB UNSOED untuk melakukan pertemuan dengan empat mahasiswa Kelas Internasional FEB UNSOED yang akan mengikuti program Double Degree di Takamatsu University mulai akhir bulan Maret ini. Setelah itu Prof. Okamoto Takehito memberikan kuliah tamu di Kelas Strategic Management, Program Internasional FEB UNSOED. Kuliah tamu tersebut diikuti oleh mahasiswa Kelas Internasional FEB UNSOED serta mahasiswa peserta Student Exchange dari Universiti Utara Malaysia.

Di hari yang kedua, delegasi Takamatsu University didampingi oleh Ketua Program Internasional FEB UNSOED, Drs. Agung Praptapa, MBA., Ak., melakukan kunjungan ke CV. Purbayasa di Purbalingga. Di perusahaan pengolahan kayu tersebut mahasiswa Takamatsu University mempelajari proses pengolahan kayu. Mereka mendapatkan penjelasan mulai dari bahan baku hingga produk jadi yang siap ekspor. Diantara produk yang dihasilkan oleh CV. Purbayasa tersebut adalah mangkok kayu yang diekspor ke beberapa Negara, diantaranya Jepang, Cina dan Korea.

Agenda berikutnya adalah kunjungan ke sentra Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) binaan LPPM UNSOED di Desa Gumiwang, Banjarnegara. Disana delegasi mengunjungi kelompok usaha “Suka Nicky” yang memproduksi berbagai jenis makanan kecil. Mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang pengelolaan kelompok usaha makanan kecil serta proses produksi dan pemasaran produknya.

Setelah dua hari delegasi Takamatsu University melakukan Company Visit dengan pendampingan dari FEB UNSOED, delegasi bertolak kembali ke Jepang pada tanggal 13 Maret 2018 malam. Sebelum berpamitan, Prof. Okamoto Takehito menyampaikan bahwa kedua mahasiswa peserta Overseas Research Program tersebut diwajibkan oleh Takamatsu University untuk menyusun laporan kegiatan. Mereka juga akan melakukan presentasi di hadapan siswa-siswa SMA di Takamatsu tentang profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya. (pras)