Pelatihan Prosedur Ekspor Bagi Mahasiswa FEB Unsoed

Printer-friendly versionSend by email

Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerja sama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menggelar Pelatihan Prosedur Ekspor di Gedung D lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, pada hari Selasa s/d Kamis 10 – 12 Mei 2016. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program studi D3 Bisnis Internasional.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni Dr. Ade Banani, MMS. Salah satu pesan yang disampaikan kepada para mahasiswa adalah agar enjoy dalam mengikuti pelatihan ini. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi berupa Overview Kegiatan Ekspor, dilanjutkan dengan Prosedur dan Dokumen Ekspor serta Latihan Pengisian SKA Form A, materi ini dipaparkan oleh Denri Purba. Pada hari kedua, Mohammad Sofjan Pejabat dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memberikan materi tentang Tata Laksana Kepabeanan di Bidang Ekspor, Prosedur Transportasi dan Penanganan Cargo Ekspor, dan Incoterms 2010.

Pada hari terakhir pelatihan para peserta mendapat pengetahuan tentang Sistem Pembayaran Ekspor meliputi jenis pembayaran ekspor melalui L/C atau Non L/C dilanjutkan dengan Latihan Pengisian Dokumen Ekspor oleh Haryadi Sarpini sebagai pembicara. Antusiasme peserta sangat baik dalam mengikuti pelatihan ini sampai hari terakhir pelatihan, dengan diadakan pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh wawasan serta pengetahuan yang baik tentang Prosedur Ekspor.(Bagus / Adi P).