Penguatan Akademik Melalui Roadmap Akademik

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

feb.unsoed.ac.id - Keunggulan sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari berbagai produktivitas, seperti mahasiswa, dosen,  penelitian dan publikasi karya ilmiah. Di Indonesia saat ini,  pergurun tinggi tengah berlomba-lomba mengembangkan tradisi akademik pada umumnya, dan meningkatkan mutu dengan berbagai skema dan program yang disediakan, baik bagi para dosen maupun lainnya. Di tengah gairah yang semakin meningkat, kebutuhan lain untuk memperkuat mutu akademik adalah dengan penyusunan roadmap (peta jalan) akademik yang jelas untuk para mahasiswa, dosen, program studi serta penyusunan akademik unggulan perguruan tinggi.

Hal ini disampaikan oleh B.M. Purwanto, MBA.,Ph.D.  dalam Workshop Roadmap Akademik yang diselenggarakan di Gedung Roedhiro Lti.3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto., Jumat, 28/11

B.M. Purwanto, MBA.,Ph.D.  yang menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dari tahun 2012 hingga 2016 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM ini, menjelaskan beberapa manfaat bagi akademisi, dosen, dan peneliti untuk mengembangkan roadmap akademik, yaitu akademik individual lebih terarah, potensi dosen dan orientasi program studi (jurusan) bisa diselaraskan, kesesuaian roadmap individu, prodi dan universitas bisa terbaca, serta mencetak para spesialist atau pakar di bidang yang khusus.

Penyusunan roadmap akademik baik untuk individu, program studi, fakultas maupun universitas perlu di dasarkan pada visi dan misi fakultas, proses pembelajaran, hasil pembelajaran, inovasi, dan kerjasama. Selanjutnya, sangat penting untuk menentukan langkah-langkah dalam proses perubahan yang harus dilakukan diantaranya fokus terhadap manusia dan kemanusiaan, memberikan gambaran besar masa depan kepada civitas akademika dan mengembangkan profesionalisme yang meliputi mentalitas diri, kemampuan melayanai dan disiplin diri.

Dengan mengembangkan roadmap akademik, bagi seorang individu dosen ataupun mahasiswa, akan terbantu dalam membangun suatu kepakaran atau spesialisasi dalam suatu topik yang menjadi minat akademik. Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis se Asia Tengara tentunya menjadi harapan besar pula kedepannya. (Ipunk)