Pertemuan AFEBI 2013 UNSOED

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

PURWOKERTO – Jumat,1 Nopember 2013, Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman menjadi tuan rumah gelaran Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) yang dilaksanakan di lantai 3 Aula Gedung Roedhiro Fakultas Ekonomi. Gelaran AFEBI 2013 ini merupakan rapat pembahasan mengenai hal-hal yang hangat di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri. Acara ini dihadiri para Dekan dan delegasinya di lingkungan Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi UNSOED Dr. Pramono Hari Adi,MS mengatakan acara ini pertama kali diadakan di kampus kuning ini guna membahas penetapan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta garis besar program kerja AFEBI, sekaligus melaksanakan pemilihan dan pengukuhan dewan pengurus nasional yang kemudian dilanjutkan dengan penentuan penyelenggaraan Konggres AFEBI berikutnya. Dekan juga mengungkapkan bahwa  sampai tahun 2013 ini ada 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terdaftar sebagai anggota AFEBI, dimana AFEBI dimulai pada Tahun 2006 yang diadakan di Universitas Sriwijaya, berikutnya di tahun 2007 diadakan di USU Medan, tahun 2008 diadakan di Universitas Terbuka dan 2009 di UNPAD pada bulan Oktober. Dilanjut pada tahun 2010 di Universitas Sumatra Utara yang dimana pada waktu itu telah terjadi kesepakatan perubahan nama yang semula AFEI (Asosiasi Fakultas Ekonomi Indonesia) menjadi AFEBI (Asosiasi Fakultas Ekonomi & Bisnis Indonesia). Di tahun  2011, AFEBI diadakan di Universitas Hasanudin Makasar dan pada 2012 AFEBI telah memperoleh nomor badan hukum oleh Direktorat Jenderal Administrasi Umum Hukum dan HAM lalu pada 2012 gelaran AFEBI diadakan di Universitas Cenderawasih Jayapura.

Pertemuan ini dilakukan hanya sekali dalam setahunnya, kemudian pada tahun 2013 ini AFEBI cukup gencar dilaksanakan. Dari pertemuan sebelumnya menghasilkan beberapa hal yang sudah dipertanggung jawabkan dengan mengirimkan ke DIKTI. Dari hasil pertemuan AFEBI di Fakultas Ekonomi UNSOED ini telah menghasilkan keputusan mengenai pengurus AFEBI yang dinataranya adalah UNSOED, UNPAD, USU, UNAIR, UNPATTI dan untuk  Ketua AFEBI untuk periode 2014-2015 yang terpilih adalah UNPAD dengan perolehan 12 poling. Untuk pelaksanaan Kongrres AFEBI 2014 telah diputuskan akan diadakan di Universitas Patimura (UNPATTI) Ambon dan pada tahun 2015 diadakan di  UNTAN Pontianak.(ipunk)