Prodi.Pendidikan Ekonomi Siap terapkan Kurikulum berbasis KKNI

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Karangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.

Menyikapi hal tersebut, Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED menindak lanjuti dengan menyelenggarakan peninjauan kurikulum. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan berupa  Workshop Kurikulum. Jumat (5/6). Gelaran yang dilaksanakan di gedung F ini dihadiri oleh Dr. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, BA, M.Sc, Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FEB, Sri Lestari, SE, M.Si sebagai ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, para tenaga pendidik Prodi.Pendidikan Ekonomi dan mahasiswa/mahasiswi Prodi.Pendidikan Ekonomi.

Hadir tiga narasumber , diantaranya Leny Noviani, SPd, M.Si, Sri Sumaryati, SPd, MPd dan Suyadi, S.Pd. Tujuan dari workshop ini tidak lain peninjauan kurikulum program studi yang sedang digunakan, menggali wawasan mengenai kurikulum berbasis KKNI berserta implementasinya dalam pembelajaran, menyusun kurikulum baru program studi yang berbasis KKNI.

Melalui peninjauan kurikulum program studi, yang kemudian diadakan perubahan kurikulum diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan dengan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan memiliki arah serta tujuan yang jelas. Susunan mata kuliah yang diajarkan harus sesuai dengan  KKNI dan diselaraskan dengan profil lulusan. Dengan demikian, kurikulum program studi Pendidikan Ekonomi yang dibuat akan membentuk lulusan yang berstandar sesuai KKNI dan berciri khas. (BP/Ipunk)