SCA 2018 Startup Era Digital

Printer-friendly versionSend by email

Jurusan Manajemen kali ini mengadakan acara Seminar Nasional dan Call for Papers Sustainable Competitive Advantage (SCA) Ke -8 dengan tema “How to develop creative economy in digital era through startup” kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan Dies Natalis FEB ke 55. Tema seminar kali ini dipilih berdasarkanfenomena masifnya ekonomi digital pada saat ini. Perkembangan era digital tersebut bisnis-bisnis berbasis digital atau dikenal dengan bisnis start-up. Tujuan dari munculnya bisnis-bisnis start-up adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar akan barang dan jasa secara elektronik.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FEB UNSOED, Prof. Dr. Suliyanto. Pada sambutannya, Prof. Dr. Suliyanto sedikit menjelaskan peta perkembangan bisnis dimasa depan. Tren sharing system dinilai akan menjadi peluang yang cukup baik para penggiat bisnis karena majunya teknologi. Berdasarkan laporan ketua panitia, agenda SCA 8 kali ini diikuti oleh total 364 peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa UNSOED dan peserta umum.

Berperan sebagai keynote speaker adalah Prof. Agus Suroso yang menjelaskan mengenai perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Narasumber yang kedua adalah Nofi Bayu Darmawan yang merupakan founder Kampung Marketer. Kampung marketer berbagi bagaimana membangun ekonomi dari desa melalui pendidikan melek IT. Delly Nugraha dari PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GO-JEK) berperan sebagai narasumber ketiga. GO-JEK yang saat ini merupakan on-demand service platform membagikan beberapa hal yang bisa dipelajari dari GO-JEK, salah satunya adalah bagaimana memberdayakan mitra GO-JEK agar lebih baik taraf hidupnya.

Seminar nasional SCA 8 ini dihadiri oleh mahasiswa, Tenaga Pendidik dari FEB Unsoed, Peserta Call For Papers seta tamu undangan lainya. Diskusi setelah pemaparan menjadi hal yang menarik dan berguna bagi para akademisi untuk mengembangkan ilmu yang telah didapat. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali ditahun – tahun berikutnya serta dapat memberikan dampak positif guna kemajuan institusi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed secara khusus.(tila)