Speleo camp, Education and Exploration Jagraweçya

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar pada bulan November 2012 dan pelatihan lanjutan arung jeram di sungai Serayu pada bulan Desember 2012, kali ini anggota muda Jagraweçya Fakultas Ekonomi UNSOED angkatan XXIX melaksanakan kegiatan pelatihan lanjutan penelusuran gua dengan tema “speleo camp, education and exploration Jagraweçya” yang berlokasi di kawasan karst Gombong selatan kecamatan Ayah kabupaten Kebumen.

Kegiatan pelatihan lanjutan yang dilaksanakan pada tanggal 21– 27 Januari 2013 ini bertujuan untuk peningkatan skill anggota muda di bidang telusur gua yaitu berupa materi karstologi dasar, etika dan bahaya penelusuran gua, teknik penelusuran gua horisantal, teknik penelusuran gua vertikal, dan pemetaan gua. Tidak hanya materi kegiatan alam bebas saja yang dipelajari, fotografi gua dan pendataan potensi ekonomi kawasan karst gombong di kecamatan ayah pun ikut serta dilakukan. Dengan jumlah peserta dari anggota muda Jagraweçya angkatan XXIX sebanyak 5 orang, serta 6 orang pendamping dari anggota penuh Jagraweçya ini melakukan explorasi dan pendataan sebanyak 9 gua di daerah ini.

Pengalaman pertama yang berkesan”, itulah ungkapan yang dirasakan oleh peserta kegiatan ini. Keindahan dekorasi ornament gua, sungai bawah tanah, biota gua serta lorong – lorong gelap abadi  merupakan hal yang dapat di lihat di dalam gua. Semua itu merupakan bukti hasil karya agung Tuhan yang tersembunyi di perut bumi. Dengan proses pembentukan gua yang terjadi ratusan bahkan jutaan tahun lamanya, sudah sewajarnya lingkungan gua tetap dijaga demi generasi yang akan datang. SAVE KARST. (R182/A208)