Sumitro Doktor Pertama dari Program Doktor Ilmu Manajemen FEB

Printer-friendly versionSend by email

Bertempat di Lt. 3 Gedung Rudhiro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, Hari senin, 4 Desember 2017 dilaksanakan ujian terbuka promosi doktor atas nama Sumitro dengan judul disertasi “ Keterikatan Pemasaran Dinamis Pada UMKM Luring ke Daring di Kabupaten Banyumas” dengan promotor Prof. Dr. Bambang Agus Pramuka, Ak, M.A, Ph.D dan Prof. Dr. Agus Suroso, MS

Ujian promosi doktor dipimpin oleh Ketua sidang Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si, Sekretaris sidang Prof. Dr. Agus Suroso, MS, sedangkan  tim penguji terdiri Prof. Dr. Suliyanto, MM (ketua), Prof .Dr. Siti Nurhayati, MS (penguji eksternal), Dr. Pramono Hariadi, MS (penguji), Dra. Sri Murni Setyawati, M.Si, Ph.D (penguji).

Dalam  pemaparannya, Promovendus menyampaikan bahwa penelitian yang dilakukan secara konseptual mengembangkan model dengan konsep baru sebagai kebaharuan. Konsep ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan teoritikal dalam menjawab permasalahan peran fungsi pemasaran pada kemampuan dinamis yang melibatkan peran multi actor melalui keterikatan. Dalam hal ini Promovendus mengambil fenomena bisnis UMKM di Indonesia dengan sampel responden di Kabupaten Banyumas. Kebaharuan yang diajukan merupakan konsep strategi pemasaran yang disebut dengan “Keterikatan Pemasaran Dinamis”. Dalam konsep ini secara khusus membahas kemampuan srategi bisnis perusahaan di pasar luring ke daring yang berpotensi dan dapat meningkatkan kinerja bisnis UMKM.

Tim penguji dalam pertanyaan yang disampaikan kepada promovendus banyak menyoroti masalah kebaharuan konsep yang ditawarkan oleh promovendus terutama mengenai konsep bisnis luring dan daring di UMKM termasuk dinamika konsep ini ke depan. Tim penguji juga menanyakan kesiapan promovedus apabila ada pihak yang mengaku sebagai penemu konsep baru ini. Dalam hal ini Promovendus berhasil menjawab pertanyaan dari penguji dengan baik termasuk aspek legal dari kebaharuan konsep yang ditawarkan telah terdaftar di Kemenkumham.

Berdasarkan hasil sidang ujian terbuka ini, Sumitro selaku promovendus dinyatakan lulus meraih gelar doktor dengan predikat “Sangat Memuaskan” IPK: 3,68 dengan masa studi 3 tahun 3 bulan. Sumitro yang merupakan dosen di AMIK Labuhan Batu juga merupakan doktor pertama lulusan Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed. Diharapkan doktor-doktor baru segera menyusul untuk menambah lukusan  program doktor dari Universitas Jenderal Soedirman

Maju Terus Pantang Menyerah