Terapkan KKNI, Jurusan Manajemen Siapkan Profil Lulusan Bermutu dan Produktif

Printer-friendly versionSend by email

Jumat, 5 Agustus 2016 bertempat di Gedung D 201, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaksanakan workshop kurikulum. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ade Bananai, MMS mewakili Dekan. Dalam sambutannya Dr. Ade Banani, MMS meynampaikan pentingnya perubahan kurikulum untuk Jurusan Manajemen dari system Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes)nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif.  

Lelin Eprianto Direktur Utama Pertamina Drilling Services Indonesia, sebagai Stakeholder sekaligus narasumber workshop kurikulum menyampaikan mengenai KKNI sekolah bisnis manajemen sebagai sarana menuju terciptanya Competitive Advantages Human Capital. Hal ini bisa dicapai dengan cara Jurusan Manajemen FEB memiliki sesuatu yang unik berbeda dengan jurusan yang sejenis dengan cara membangun networking dunia usaha, penerapan magang, dan membangun karakter mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan berwawasan kebangsaan (Nationalism Leadership).

Sebagai narasumber yang mewakili kalangan akademis, Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unsoed, Prof. Dr. Agus Suroso, MS menyampaikan dan membandingkan peta kurikulum jurusan manajemen dari berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Berdasarkan peta kurikulum tersebut disampiakan pentingnya membentuk profil lulusan Jurusan Manajemen FEB Unsoed sebagai dasar menyusun kurikulum yang sesuai dengan KKNI. Lulusan Jurusan Manajemen FEB diharapkan pada posisi level 6 plus  dengan penambahan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui proses magang, membangun start up bisnis maupun proyek bisnis lainnya.