Tracer Study FEB Berharap Masukan dari Alumni

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Di tengah massifikasi pendidikan tinggi di Indonesia yang ditandai oleh menjamurnya pembukaan institusi-institusi baru pendidikan tinggi, perhatian terhadap keterkaitan antara pendidikan tinggi dengan perubahan-perubahan industri dan korporasi di dunia kerja perlu mendapat tekanan khusus dan berkesinambungan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED ,Dr. Pramono Hari Adi, MS melalui tim Perencanaan dan Sistem Informasi (PSI) , mencoba melakukan terobosan dalam menanggapi hal itu salah satunya dengan cara untuk menggali informasi yang berkaitan dengan transisi dari dunia pendidikan ke dunia pekerjaan adalah dengan melaksanakan tracer study berbasis online.

Tracer study dapat menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi bersangkutan. Tracer study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders). Saat ini tracer study sudah dijadikan salah satu syarat kelengkapan akreditasi di Indonesia oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Adi Priyono, SE selaku kasubag. PSI dalam hal ini menggandeng kasubag Akademik dan Kemahasiswaan dikarenakan Studi Penelusuran Alumni (Tracer Study) FEB by online ini, menjadi salah satu syarat bagi para alumni yang hendak melakukan legalisir Ijazah maupun Transkrip dengan diwajibkan mengisi form yang tersedia secara online di lamaan Tracer Study FEB. Umpan balik yang disampaikan oleh alumni dalam form Tracer Study menjadi masukan berharga bagi FEB untuk terus berbenah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi lulusan dalam bersaing di dunia kerja.

Pengisian data ini juga memberi keuntungan bagi alumni sebagai pintu masuk memperoleh informasi yang terkait dengan melalui e-mail pribadi atau SMS. Divisi PSI FEB menyampaikan, bahwa salah satu kunci keberhasilan program ini adalah tingkat partisipasi dari alumni itu sendiri. Besar akan harapan FEB UNSOED kepada seluruh alumni FEB untuk berpartisipasi dalam Tracer Study FEB yang telah launch di awal tahun 2015 ini secara online. ipunk