Upgrading & Refreshment Pajak

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Bersama Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II  dan Tax Center UNSOED menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Upgrading dan Refreshment Staf Pengajar Perguruan Tinggi di Karesidenan Banyumas dan Sekitarnya”. Rabu (29/4).

Gelaran yang dilaksanakan di Gedung F. 107 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNSOED,menghadirkan Wakil Ketua Tax center Unsoed Drs. Rasyid Mei Mustafa, MM., Ak CA, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II Drs. Yoyok Satyotomo MA , dan para Dosen/Staf Pengajar Perguruan Tinggi Se-Karesidenan Banyumas dan Sekitarnya.

Drs. Rasyid Mei Mustafa, MM., Ak CA selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan dan kali ini kegiatan yang kedua kalinya. Upgrading yang diberikan kepada Dosen pengajar perpajakan diwilayah Eks Karesidenan Banyumas yaitu dari UNSOED,  Unwiku,  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), UGM  dan STIE Satria.

“Kegiatan bertujuan untuk kita sesama staf pengajar mendapatkan Upgrading materi yang terbaru serta untuk merefresh kembali agar materi-materi yang harus disampaikan kepada anak didik menjadi uptodate, mengingat peraturan perpajakan yang terus ada seiring kondisi perekonomian”, tegasnya.

Tema dan konsep dari Direktorat Jenderal Pajak pada tahun 2015 ini adalah “Tahun Pembinaan Wajib Pajak”. Optimalisasi pemanfaatan data berbasis IT, Wajib Pajak (WP) diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan pembetulan SPT (5 tahun kebelakang) dengan pengurangan atau penghapusan sanksi Administrasi, dan penegakan hukum secara selektif  untuk memberikan efek jera kepada WP (Blokir rekening, pencegahan keluar negeri, penyanderaan/Gijzeling, dan penyidikan).

Sasaran kebijakan Tahun Pembinaan 2015 yaitu WP yang belum terdaftar, WP yang terdaftar tetapi belum menyampaikan SPT, dan WP terdaftar dan telah menyampaikan SPT.

Didit Suryoadi dari Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II yang menyampaikan materi tentang Ketentuan umum perpajakan, diwaktu yang sama Drs. Rasyid Mei Mustafa, MM., Ak CA dari Tax Center UNSOED menyampaikan materi tentang PPh 21, 22 & 23.

Mikhael Subur Sarosa pemateri dari KPP Pratama Purbalingga menyampaikan tentang PPH 24, 25 & 26 begitu pula pemateri dari KKP Pratama Purwokerto Ali Mochammad Sofi dengan yang menerangkan tentang Pemeriksaan pajak dan Gijzeling.