Workshop Inisiasi Pengembangan Program Internasional

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Menjadi sebuah World Class University (WCU) bagi sebuah perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah dicapai. Diperlukan kebijakan yang visioner serta kerja keras seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkannya. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang pengembangan program internasional, Senin (9/12) Fakultas Ekonomi menyelenggarakan Workshop Inisiasi Pengembangan Program Internasional. Kegiatan yang bertempat di Gedung Roedhiro tersebut menghadirkan pembicara dari Universitas Ma Chung Malang, Yudi Setyaningsih, M.Pd. Dihadapan para pengelola jurusan FE UNSOED, mantan Manajer Hubungan Internasional Universitas Ma Chung tersebut membagikan pengalamannya selama kurang lebih 4 (empat) tahun mengelola kerjasama internasional di tempatnya bekerja. Menurut Yudi, ada sejumlah aktifitas yang bisa dilakukan untuk dapat mewujudkan suasana internasional di sebuah kampus, diantaranya dengan mendatangkan dosen atau tamu asing serta intern.

Inisiasi kerjasama dengan lembaga asing juga perlu dilakukan dengan cara menjalin hubungan baik dengan institusi asing (universitas, lembaga penelitian, lembaga donor, dll). Disamping itu universitas dalam hal ini kantor internasional dapat memanfaatkan program hibah  fasilitasi kerjasama internasional yang diselenggarakan Ditjen DIKTI untuk mendukung program kerja yang telah dicanangkan. Menjalin komunikasi dengan kedutaan besar asing yang ada di Indonesia juga tak kalah pentingnya dilakukan.

Selanjutnya disampaikan pula beberapa metode dalam inisiasi kerjasama internasional diantaranya mengontak lembaga yang bersangkutan; mengirim e-mail; mengirim proposal; melakukan penjajagan; mengadakan MOU (memorandum of understanding); mengadakan MOA (memorandum of agreement); mengadakan kunjungan (kalau memungkinkan) dan membuat website sendiri untuk kantor urusan/ hubungan internasional. Langkah berikutnya yang dibutuhkan untuk mewujudkan program internasional yaitu penataan hubungan kelembagaan keluar dan penataan kelembagaan internal. Semoga dengan semakin bertambahnya wawasan para pengelola fakultas tentang pengelolaan program internasional dapat mempercepat terwujudnya UNSOED sebagai World Class Civic University. (pras)