Brainstorming: Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembuatan Proposal PKM

Pada hari Minggu, 21 Februari, 2021, diadakan Webinar bertajuk “Brainstorming: Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembuatan Proposal PKM”. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Tim Pembina Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan Kementerian Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB UNSOED. Acara diselenggarakan secara daring dengan media Zoom dan diikuti oleh sekitar 103 partisipan. 

Dalam pembukaan, Drs. Rakhmat Priyono, M.E, selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, menyatakan harapannya agar PKM ke depannya dapat lebih terstruktur dan dipersiapkan dengan baik. Acara ini, menurutnya, merupakan salah satu cara FEB memfasilitasi mahasiswa dalam membuat proposal PKM. Acara inti dimulai dengan pemaparan dari pembicara, Dedy Mahendra, MM, M.Bus, CEO Blackdjacks Management dan dimoderatori oleh Mahardika Ayunda, mahasiswa FEB UNSOED. 

Di awal paparan, pembicara menjelaskan mengenai ekosistem bisnis dan pentingnya membangun dan terlibat dalam ekosistem tersebut. Secara harfiah, ekosistem berarti susunan terhadap lingkungan, sementara bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.  Kemudian, pembicara melanjutkan dengan menjelaskan mengenai strategi pentahelix untuk membangun ekosistem bisnis. Strategi pentahelix mengkolaborasikan pemerintah, akademisi, media, komunitas dan pengusaha. Dalam membangun bisnis, diperlukan pemahaman terhadap ekosistemnya. Untuk terlibat dalam ekosistem bisnisnya, diperlukan strategi pentahelix. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara partisipan dan pembicara kemudian ditutup dengan closing statement dari pembicara

X