Program Fast Track

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Meningkatnya permintaan kebutuhan akan lulusan program magister (master) untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar pada perguruan tinggi (dosen) akhir-akhir ini agak sulit terpenuhi. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan para lulusan program sarjana yang memiliki kompetensi keahlian dan keilmuan yang baik untuk langsung terjun ke dunia kerja profesional dibandingkan melanjutkan studi ke jenjang S2 atau magister yang rata-rata harus ditempuh dalam waktu 2 tahun serta memerlukan biaya yang relatif mahal. Disamping biaya pendidikan yang tinggi, para calon mahasiswa program magister juga harus dibebani dengan biaya hidup yang tidak dapat dijangkau oleh semua lulusan S1 yang sebenarnya memiliki kemampuan akademik yang baik. Hal ini cukup beralasan mengingat sebagian besar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memiliki kemampuan akademik baik justru berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah. Dengan kata lain meneruskan kuliah ke jenjang magister adalah suatu keniscayaan bagi mereka.

Berangkat dari kondisi diatas maka diperlukan sebuah program yang dapat mengakomodir mahasiswa S1 yang berminat untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 tanpa perlu dibebani oleh masalah pembiayaan. Program tersebut adalah Fast Track, yaitu sebuah program yang memungkinkan seorang mahasiswa menyelesaikan program S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun. Melalui program Fast Track ini seorang mahasiswa S1 yang berada di semester 7 dan 8 dapat menempuh program master pada tahun yang bersamaan yang bersangkutan menempuh program S1. Sedangkan untuk mengatasi masalah pembiayaannya, mahasiswa peserta program Fast Track akan diusulkan untuk memperoleh Beasiswa Unggulan.
 
Saat ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan program Fast Track pada program studi yang telah memiliki nilai akreditasi A, yaitu program studi S1 Manajemen dan S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP). Persyaratan umum calon peserta program Fast Track yaitu telah menempuh pendidikan S1 sampai dengan Semester 6 atau telah memperoleh kredit sejumlah 120 SKS; memilki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,25; serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan skor TOEFL minal 500 (pada saat lulus S2). Adapun persyaratan administrasinya dapat ditanyakan lebih lanjut di masing-masing program studi penyelenggara program Fast Track di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED.