Program Joint Degree

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Program Joint degree adalah penyelenggaraan kegiatan antar perguruan tinggi baik dalam negeri maupun melalui kerjasama antara perguruan tinggi di dalam negeri dengan perguruan tinggi di luar negeri, untuk melaksanakan suatu program studi secara bersama serta saling mengakui lulusannya. Implementasi program joint degree pada suatu program studi merupakan tahap awal dan langkah strategis dari suatu universitas untuk mencapai World Class University (WCU). Disamping itu, program ini merupakan salah satu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas Jenderal Soedirman bekerjasama dengan Hebei University China dalam program knowledge and culture sharing. Kerjasama pendidikan antar dua negara ini merupakan kesempatan emas bagi para mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia luar dan mengenal China dari segi system pendidikan, culture, dan pengalaman skala global selama mereka menempuh program joint degree.

Wujud program knowledge and culture sharing dituangkan ke dalam beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UNSOED selama mengikuti program joint degree di Hebei University China, antara lain perkuliahan, mandarin class, culture class, taichi, wushu, shufa (kaligrafi cina) dan sebagainya. Selama mengikuti program joint degree, mahasiswa mengenyam pendidikan satu tahun yang terbagi ke dalam dua semester. Semester pertama mahasiswa mengambil mata kuliah Total Quality Management, International Financial, Financial Market, dan Financial Institution. Sedangkan semester kedua, mata kuliah yang ditawarkan adalah Market Research, Financial Economics, Financial Statement, dan Consumer Behavior. Mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam program pendidikan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi tersebut. Output dari program joint degree ini adalah mahasiswa memiliki knowledge dan skill yang mumpuni serta pengalaman berharga termasuk dalam hal pertukaran budaya dan bahasa.

Selaindi luar aktivitas akademik, selama mahasiswa menuntut ilmu di Hebei University, mereka tinggal dalam asrama internasional khusus mahasiswa asing yang terletak di Baoding City. Disana mahasiswa dilatih untuk dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa asing dari beberapa negara di dunia seperti Jepang, Korea, Rusia, Afrika dan sebagainya.