Program Pendidikan Profesi Akuntansi

Printer-friendly versionSend by emailPDF version

Gelar Akuntan yang merupakan salah satu gelar Profesi di Indonesia selama ini diberikan kepada para Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi bagi lulusan Universitas Negeri di Indoensia yang sudah disetarakan. Namun sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/9/U/2001, yang diberlakukan mulai September 2004, sebutan atau gelar Akuntan tidak secara otomatis diberikan bagi Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi dari universitas yang disetarakan. Semua Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi di seluruh Indonesia baik Negeri maupun Swasta hanya mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (SE). Gelar akuntan hanya diberikan kepada Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi yang telah menempuh Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk).

Seperti profesi lainnya seperti dokter, apoteker dan notaris, profesi akuntan merupakan pendidikan kelanjutan program strata satu yang akan memperdalam profesi dan mendapat sebutan gelar profesi akuntan. Peserta yang telah lulus dari PPAk akan mendapatkan ijazah dari UNSOED dan berhak mendapatkan nomor Register Akuntan dari Negara (Kementerian Keuangan) serta berhak menyandang gelar Akuntan (Ak) di belakang namanya. Mulai tahun akademik 2005/2006 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) dengan mendapat legitimasi operasional berdasarkan SK DIKTI No. 2000/D/T/2005.

Program Pendidikan Profesi Akuntansi pada saat ini berdasarkan penilaian dari BAN-PT DEPDIKNAS RI No. 021/SK/BAN-PT/Akred/PPAk/I/2015 dalam penilaian pada tahun 2015 mendapat peringkat " A " yang berlaku sampai dengan 23 Januari 2020

Program Pendidikan Profesi Akuntan PPAk
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Gedung F, Kampus Grendeng Purwokerto
Jl.Prof. Dr. H.R. Boenyamin No.708 Grendeng Purwokerto 53122
Telp : (0281) 628155
Fax : (0281) 628155
Email : ppak.unsoed@yahoo.com
Facebook: Pendidikan Profesi Akuntansi FEB Unsoed