Webinar “Marketing Strategy in Startup Company”

Telah berlangsung acara Webinar dengan tema Marketing Strategy in Startup Company yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Laboratorium Koperasi dan UKM/Cooperation Innovative Hub FEB Unsoed) pada Senin, 31 Mei 2021. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB melalui Zoom Cloud Meetings. Banyak peserta dari berbagai kalangan yang antusias saat mendaftar acara ini. Peserta webinar ini berjumlah sekitar 140 orang yang didominasi oleh mahasiswa FEB UNSOED, dan peseta dari luar FEB UNSOED. Acara ini dihadiri juga oleh Prof. Dr. Suliyanto, SE., MM selaku Dekan FEB Unsoed dan Novita Puspasari, Ak., M.Sc. CA selaku Kepala Laboratorium Koperasi dan UKM/Cooperation Innovative Hub FEB Unsoed. 

Narasumber webinar ini yaitu Aditya Pratama Nugraha, S.I.Kom,M.Sc (Chief Executive Officer/CEO @infopurwokerto dan Chief Marketing Officer Omah Tukang) dan Aef Nandi Setiawan, S.Si (Founder Simpel Marketing). Aditya Pratama Nugraha menyampaikan materi mengenai strategi pemasaran di kala pandemi, terutama dengan menggunakan digital advertising karena beliau juga berkecimpung dalam digital advertising melalui akun @infopurwokerto di berbagai platform seperti Instagram, Youtube, FB Fanpage, Twitter dan juga TikTok. Beliau juga menjelaskan mengenai tren mengenai advertising yang sedang dan akan terjadi di masa mendatang. Sebagai Chief Marketing Officer Omah Tukang, Aditya menerangkan strategi pemasaran dan apa saja yang dilakukan Omah Tukang untuk mendapatkan customer. 

Pembicara kedua adalah Aef Nandi Setiawan, CEO dari Simpel marketing. Aef menjelaskan mengenai apa itu Startup. Selama ini, banyak orang selalu mengasosiasikan Startup dengan aplikasi dan teknologi masa kini yang praktis dan mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Namun, Aef meluruskan pengertian Startup yang secara garis besarnya adalah suatu bisnis yang dirancang untuk tumbuh secara cepat. Aef juga menerangkan bagaimana agar produk kita sesuai dengan keinginan pasar dan profitable atau memberi kita keuntungan. Tidak ketinggalan Aef juga menerangkan mengenai strategi pemasaran yang juga dapat menggunakan digital advertising seperti yang dijelaskan oleh Aditya. Setelah sesi pemaparan oleh narasumber, diadakan sesi tanya jawab oleh peserta kepada kedua narasumber. Ada cukup banyak pertanyaan dari para peserta untuk Aditya dan Aef mengenai Startup dan strategi pemasaran, namun hanya dipilih 6 pertanyaan oleh panitia untuk dijawab oleh kedua narasumber. Di akhir acara, diumumkan pemenang doorprize untuk empat peserta webinar.

X