Akuntansi

Program Studi Akuntansi D3 pada saat ini berdasarkan penilaian dari BAN-PT DEPDIKNAS RI No. 017/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/X/2011 dalam penilaian tahun 2011 mendapat peringkat “A” yang berlaku sampaidengan 07 Oktober 2016

Visi Program Studi Akuntansi-D3 :

Pada Tahun 2025 Menjadi Program Studi Diploma III Bidang Akuntansi Terapan yang Diakui Kualitasnya Secara Nasional dan berorientasi pada UMKM dan Bisnis Daerah.

Misi Program Studi Akuntansi-D3 :

  1. Melaksanakan mutu pendidikan vokasi di bidang akuntansi untuk menciptakan lulusan yang bermoral, berdedikasi akademik dan profesional, mempunyai keunggulan kompetitif, mampu memimpin dan adaptif.
  2. Melaksanakan penelitian berkelanjutan untuk pengembangan ilmu dan penerapan akuntansi yang sesuai dengan perkembangan UMKM dan perekonomian berbasis daerah serta menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada masyarakat nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan penerapan akuntansi yang berbasis pada pengembangan UMKM dan ekonomi perdesaan serta menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada masyarakat nasional maupun internasional.
  4. Membangun jejaring kerja (networking) di tingkat nasional, regional dan internasional dengan dukungan sistem dan teknologi informasi yang handal untuk memastikan terdukungnya usaha-usaha perbaikan di bidang teknis pendidikan dan pelayanan pasca pendidikan.

Tujuan Program Studi Akuntansi-D3 :

  1. Mampu menjadi teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go public yang sesuai dengan standard dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisaan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi.
  2. Menguasai konsep teoritis akuntansi secara umum dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/atau go public.
  3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang akuntansi termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.
  4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang akuntansi yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam kelompok kerja.

Kurikulum Program Studi Akuntansi-D3

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi  lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Program Studi.

Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskriProgram Studii matakuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Pencapaian kompetensi yang diharapkan mahasiswa mampu melakukan pekerjaan dengan baik, menguasai konsep teoritis akuntansi secara umum dan pengetahuan lain yang relevan di bidang akuntansi serta mampu mengelola kelompok. Hal ini tercermin dari kurikulum yang diselenggarakan dan dijabarkan dalam mata kuliah dan muatan akuntansi sebagai kompetensi lulusan program D-III. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan,  cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Dosen Pengajar Program Studi D3 Akuntansi

  1. Prof. Drs. Bambang Agus Pramuka, M.Acc, Ph.D, Ak, CA
  2. Dra. Atiek Sri Purwati, M.Si, Ak, CA
  3. Dra. Irianing Suparlinah, M.Si. Ak, CA
  4. Drs. Agung Praptapa, MBA, Ak, CA
  5. Dr. Eko Suyono, S.E., M.si., Ak., CA
  6. Dr. Margani Pinasti, SE.,M.Si, Ak., CA
  7. Dr. Oman Rusmana, SE., M.Si, Ak., CA
  8. Dr. Negina Kencono Putri, SE, M.Si, Ak., CA

Kontak

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED Jl. Prof. Dr. H.R. Boenyamin No.708 Grendeng Purwokerto, Central Java INDONESIA 53122

X