Tiga Bidang Utama Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Bidang Ilmu Ekonomi dan Pembangunan

Bidang Ilmu Ekonomi dan Pembangunan-Ekonomi Moneter

  • Meneliti berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatur kestabilan keuangan Negara.

Bidang Ilmu Ekonomi dan Pembangunan-Ekonomi Regional

  • Meneliti berbagai tentang pembatasan-pembatasan wilayah ekonomi dari suatu negara/daerah berdasarkan kondisi dan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang tersedia di setiap wilayah ekonomi.

Bidang Ilmu Ekonomi dan Pembangunan-EkonomiĀ Sumber Daya

  • Meneliti berbagai fenomena-fenomena serta persoalan-persoalan yang terkait dengan sumberdaya-sumberdaya ekonomi.

Bidang Ilmu Ekonomi dan Pembangunan-EkonomiĀ Publik

  • Meneliti berbagai fenomena-fenomena serta persoalan-persoalan yang terkait keputusan ekonomi yang berdampak pada publik.

Bidang Manajemen

Bidang Manajemen-Manajemen Keuangan

  • Meneliti tentang berbagai kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki suatu perusahaan baik perusahaan besar maupun UMKM.

Bidang Manajemen-Manajemen Pemasaran

  • Meneliti berbagai tentang rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian kegiatan pemasaran untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

Bidang Manajemen-Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Meneliti tentang berbagai cara mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

Bidang Manajemen-Manajemen Operasional

Meneliti tentang pengelolaan secara maksimal penggunan semua faktor produksi yang ada baik itu tenaga kerja (SDM), mesin, peralatan, raw material (bahan mentah) dan faktor produksi yang lainnya dalam proses tranformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang atau jasa.

Bidang Akuntansi

Bidang Akuntansi Sektor Publik

  • Berfokus pada akuntansi di sektor pemerintah (pemerintah daerah, pemerintah desa dan Badan Layanan Umum), juga akuntansi untuk organisasi nirlaba seperti Lembaga Swadaya Masyarakat dan akuntansi untuk masjid dan pondok pesantren.

Bidang Auditing dan Sistem Informasi

  • Berfokus pada audit dan sistem informasi pada sektor public yaitu sektor-sektor yang menyangkut hajat hidup orang banyak (seperti pemerintah daerah, pemerintah desa dan Badan Layanan Umum, NGO, koperasi) dan juga pada bisnis dengan skala kecil, menengah, besar, dan bisnis keluarga.

Bidang Akuntansi Keuangan

  • Berfokus pada proses pelaporan keuangan (dari pencatatan hingga pelaporan) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), entitas pemerintah daerah, pemerintah desa dan entitas lainnya.

Bidang Akuntansi Manajemen

  • Berfokus pada akuntansi manajerial pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), entitas pemerintah daerah, pemerintah desa dan entitas lainnya.
X