Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) FEB Unsoed bersama UKM Kewirausahaan Bursa FEB Unsoed sukses menyelenggarakan salah satu event tahunan yang cukup populer, Business Plan Competition (BPC) FEB Unsoed 2025. Kegiatan ini merupakan program kerja kolaboratif antara Business Career and Development (BCD) HMJM FEB Unsoed dan Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) UKM Kewirausahaan Bursa FEB Unsoed.
Zahhra Febiola Nurdianingsih selaku chief of committee mengatakan bahwa BPC2025 diselenggarakan agar dapat menjadi ruang bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk menyalurkan ide bisnis kreatif, inovatif, serta solutif yang mampu menjawab tantangan ekonomi dan sosial.
BPC FEB Unsoed bertujuan mendorong mahasiswa dalam mengembangkan ide bisnis kreatif yang tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga memiliki dampak sosial yang positif. Peserta diharapkan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan di masyarakat dan merancang solusi bisnis inovatif serta berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.
Tahun ini, BPC FEB Unsoed mengusung tema “Transforming Challenges Into Opportunities: Business for a Better Economy and Society”. Rangkaian acara meliputi Business Model Canvas (BMC), Webinar, Business Proposal, serta Pitching & Awarding yang digelar pada 6 Agustus 2025 di Gedung Lab Terpadu Lantai 6 FEB Unsoed.
Kompetisi ini diikuti oleh ratusan tim dari 60 perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Setelah melalui proses seleksi ketat mulai dari tahap BMC dan Proposal, terpilih 10 finalis yang berkesempatan mempresentasikan ide bisnis kreatif mereka di tahap Pitching. Sepuluh tim finalis tersebut adalah:
- Gamakul – Universitas Gadjah Mada (UGM)
- NBA ACE – Bina Nusantara University (BINUS)
- Ilmu Damkar – Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
- Incipientes – Institut Teknologi Bandung (ITB)
- Digimon – Universitas Brawijaya
- Inovator – Universitas Airlangga
- Ecopoint Innovators – Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
- Tanikan – Institut Teknologi Bandung (ITB)
- Namaste – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
- Relemen – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Klaten
Sebelum tahap seleksi proposal dan pitching, peserta mendapatkan pembekalan ilmu praktis melalui webinar. Webinar proposal and pitching bertema “From Paper to Pitch: Mastering the Art of Business Proposal Writing and Impactful Presentation” menghadirkan Fitri Amalinda Harahap, S.E., M.M. sebagai pembicara pertama dan Ardika Mahadewa, CEO PT Artha Samastha Indonesia Ltd, sebagai pembicara kedua. Kedua pemateri memberikan wawasan strategis yang memperkaya keterampilan peserta dalam menyusun dan mempresentasikan rencana bisnis mereka.
Di awal sesi pitching, peserta juga mendapatkan materi inspiratif dari Bima Sakti, Sr. Community Engagement Executive at Tokocrypto, dengan tema:
📍 “Fondasi Finansial Mahasiswa: Belajar Keuangan Biar Gak Jadi Meme ‘Tanggal Tua’”
Dalam sesi ini, peserta diajak memahami pentingnya manajemen keuangan sejak dini, khususnya bagi calon entrepreneur muda agar lebih siap mengelola pendapatan dan investasi di masa depan. Selanjutnya pada sesi Pitching & Awarding, para finalis dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Ibu Monica Rosiana, S.E., M.Si., Ibu Cut Misni Mulasiwi, S.Pd., M.Pd., Ibu Fitri Amalinda Harahap, S.E., M.M., dan Bapak Anzar Alfat Firdaus, S.Pd., M.E. — yang mana seluruhnya merupakan dosen FEB Unsoed.
Hasil penjurian menetapkan pemenang sebagai berikut:
- Juara 1: Tanikan (ITB) – Rp4.500.000 + piala + sertifikat + bucket bunga + goodie bag
- Juara 2: Gamakul (UGM) – Rp3.000.000 + piala + sertifikat + bucket bunga + goodie bag
- Juara 3: Namaste (UNY) – Rp2.000.000 + piala + sertifikat + bucket bunga + goodie bag
- Harapan 1: Ilmu Damkar (UNSOED) – Rp1.000.000 + piala + sertifikat + bucket bunga + goodie bag
- Harapan 2: NBA ACE (BINUS) – Rp500.000
Melalui ajang ini, diharapkan mahasiswa dapat berperan aktif dalam membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan, inovatif, dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, generasi muda tidak hanya menjadi konsumen dalam perekonomian, tetapi juga aktor utama yang membawa perubahan positif untuk masa depan Indonesia yang lebih sejahtera.
“Pitching and Awarding BPC 2025 merupakan puncak rangkaian Business Plan Competition FEB Unsoed 2025. Acara ini diikuti oleh 10 tim finalis terbaik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah lolos tahap seleksi dan berhak mempresentasikan ide bisnis kreatif, inovatif, dan solutif mereka di hadapan juri. Sebelum sesi pitching dimulai, terdapat Talks show pra-pitching dimana para finalis mendapatkan materi untuk menambah wawasan dari narasumber.”
#unsoed1963 #merdekamajumendunia #SDGs4 #SDGs9 #unsoedberdampak


