Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED selenggarakan Pelatihan Uji Kompetensi Teknik Akuntansi (UKTA) pada tanggal 26 Mei – 5 juni 2022 yang bertempat pada Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Gedung C (Ruang C. 202 & C.203). Pelatihan yang diikuti adalah SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) dengan 52 Mahasiswa dan KOMPAK (Pengoperasional Akuntansi berbasis Komputer) dengan 40 Mahasiswa.

Dr. Adi Wiratno, M.M, Ak. CA selaku Ketua Panitia UKTA menyampaikan bahwa pada Pelatihan UKTA ini merupakan suatu syarat wajib diikuti bagi mahasiswa. Pada Uji kompetensi ini dibagi menjadi 2 (dua) Klaster yaitu Penyusunan Laporan Keuangan berbasis ETAP dan Pengoperasional Akuntansi berbasis Komputer (KOMPAK). Serta apabila bagi Mahasiswa pada uji kompetensi tersebut pada kedua-duanya kompeten maka Mahasiswa akan mendapatkan Gelar CAAT.CADE. Dalam harapannya para Mahasiswa yang mengikuti Pelatihan ini dapat serius sehingga pada uji kompensi ini menghasilkan 100% Kompeten, “Ungkap Ketua UKTA 2022”.

Pada uji kompetensi ini para peserta akan diberikan pelatihan Spreadsheet, Accurate, memproses Entry journal, Memproses Buku Besar dan Penyusunan Laporan Keuangan. Selanjutnya pada tanggal 29 mei 2022 para peserta akan melaksanakan Try out dan pada Tanggal 4-5 Juni 2022 akan dilaksanakan Tes Uji kompetensi.