Fakultas Ekonomi dan Bisnis baru saja melaksanakan kegiatan Sekolah Pasar Modal (SPM) bekerjasama antara FEB UNSOED- Sinar Mas Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia. SPM ini mengangkat Tema “Unleashing Investment Skill: Introduce Into Stock Markets”, yang di selenggarakan pada hari Jumat, 31 Mei 2024, di Ruang Seminar Lantai 6, Lab Terpadu FEB Unsoed.

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi Pasar Modal yang diselenggarakan secara rutin oleh Galeri Investasi Pasar Modal FEB Unsoed. Tujuan diadakan acara ini untuk menambah dan memperluas pengetahuan mahasiswa seputar investasi di dunia Pasar Modal. Kegiatan Sekolah Pasar Modal merupakan salah satu solusi bagi investor pemula untuk mengetahui gambaran umum tentang investasi di Pasar Modal Indonesia, mempelajari saham dan mekanisme perdagangan saham. Dalam sekolah Pasar Modal ini juga dijelaskan bagaimana cara membuka rekening saham bagi para peserta yang baru ingin memulai berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Acara berlangsung kurang lebih selama 2,5 jam. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh bapak Dr. Dian Purnomo Jati, M.Sc, selaku Kepala Lab Terpadu FEB UNSOED dan dilanjutkan oleh Kepala Galeri Investasi FEB Unsoed yaitu Dr. Rio Dhani Laksana, M.Sc. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber yang ahli di bidang Pasar Modal. Narasumber pertama yaitu  Ibu Agnes Kusumastuti selaku Trainer Indonesia Stock Exchange Yogyakarta dan narasumber kedua adalah Ibu Ike Widiawati selaku Head Of Retail Research Sinarmas Sekuritas Pusat.

Dalam sesi tanya jawab, kegiatan ini  tidak hanya memberikan pemahaman tentang dasar-dasar pasar modal, tetapi memberikan wawasan tentang praktek dan strategi yang diperlukan untuk sukses di pasar modal. Tak hanya memberikan pengetahuan, beliau juga memberikan peluang nyata bagi mahasiswa untuk terlibat dalam simulasi perdagangan saham.

Acara ini tidak hanya menyediakan informasi tentang pasar modal, tetapi juga tentang memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa. Dengan bimbingan dari pemateri,  para mahasiswa diharapkan dapat menerapkan konsep-konsep investasi saham yang telah dipelajari dalam lingkungan yang aman dan terkendali, serta memperoleh kepercayaan diri yang diperlukan untuk terlibat aktif dalam kegiatan pasar modal.