Selasa 18 Juli 2023 Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) melaksanakan kegiatan seminar dan konferensi ilmiah internasional dengan tema “Creativity, Innovation, Entrepreneurship and Leadership for Sustainable Rural Development”. Nama kegiatan ini adalah Midyear International Conference (MYIC) 2023 yang direncanakan akan menjadi agenda rutin tahunan. Pada MYIC tahun 2023 ini Jurusan IESP bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya ASEAN, Asia Committee for Small Business (ACSB), MCorp, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Selain itu beberapa perguruan tinggi mendukung acara ini dengan berperan sebagai co-host diantaranya: Universitas Sriwijawa Palembang, Universitas Trilogi, dan Universitas La Tansa Mashiro.

Setelah pembukaan, acara di awali oleh laporan ketua panitia MYIC 2023 yaitu Dr. E. Suharno, SE., M.Sc. MYIC 2023 dibuka secara resmi oleh Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr. Pada sambutannya Rektor menyampaikan harapan bahwa MYIC yang diselenggarakan oleh Jurusan IESP FEB Unsoed ini menjadi wujud nyata kontribusi akademisi terhadap perkembangan berbagai potensi ekonomi perdesaan yang mana hal tersebut sesuai dengan visi Universitas Jenderal Soedirman. Selepas sambutan Rektor Unsoed secara resmi membuka acara MYIC 2023 yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Acara diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) dengan peserta luring sebanyak 54 orang yang hadir di auditorium lantai 6 laboratorium FEB Unsoed dan sebanyak 198 orang yang hadir secara online via zoom meeting.

Agenda pertama adalah sesi seminar yang disampaikan oleh lima narasumber dari berbagai institusi dengan kepakarannya masing-masing. Seminar yang dimoderatori oleh salah satu dosen Jurusan IESP yaitu M. Farid Alfarisy, SE., M.Sc. ini terbagi ke dalam dua sesi dan berjalan menarik. Sesi pertama disampaikan oleh tiga narasumber yaitu: Hermawan Kartajaya dari MCorp, Blesila A. Lantayona yang merupakan Chair Person ACCMSME, dan Assoc. Prof. Dr. Siti Aznoor binti Ahmad dari Universitas Utara Malaysia. Hermawan Kartajaya menyampaikan materi terkait pentingnya kolaborasi didasari dengan kreatifitas, inovasi, dan kepemimpinan dalam kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Secara lebih luas, Hermawan Kartajaya menyampaikan bahwa kinerja bisnis perlu dikolaborasikan secara komprehensif antara pemerintah, pelaku usaha, dan seluruh elemen masyarakat. Dari MDG’s, SDG’s, hingga IDG’s (Inner Development Goals).

Sementara narasumber kedua yaitu Blesila A. Lantayona menyampaikan tentang peran penting ASEAN dalam menunjang perekonomian ASIA secara umum. Secara lebih spesifik Ibu Lantayona menyoroti peran UMKM di wilayah ASEAN yang memiliki peran sangat krusial. UMKM di wilayah ASEAN terbukti mampu berkontribusi optimal terhadap perekonomian masyarakatnya. Oleh karena itu, UMKM di wilayah ASEAN perlu untuk terus ditingkatkan kemampuannya terlebih pasca pandemi covid-19 dan menyambut era perdagangan yang lebih luas. Narasumber berikutnya Assoc. Prof. Dr. Siti Aznoor binti Ahmad menyampaikan tentang pentingnya sosial enterprises. Bisnis tidak hanya sekedar mencari keuntungan semata, lebih dari itu bisnis bisa dilakukan dengan tujuan yang lebih luas dengan memperhatikan keuntungan untuk masyarakat.

Sesi kedua seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua narasumber. Prof. Indah Susilowati, Ph.D. dari Universitas Diponegoro menyampaikan materi terkait dengan pentingnya leadership bagi keberlanjutan sumber daya khususnya di Indonesia. SDG’s menjadi patokan bagaimana Indonesia harus mampu mengelola sumber daya dan membagi peran antar berbagai pihak terkait. SDG’s memiliki filosofi kesetaraan dan kesejahteraan bersama dengan tajuk utama “Leave no one behind”, hal ini menjadi tantangan tersendiri pada konteks Indonesia dengan berbagai keberagamannya. Pemateri terakhir yaitu Judit Katonane Kovacs, Ph.D. dari Debreceen University, Hungaria. Ibu Kovacs menyampaikan materi terkait tentang pentingnya inovasi dan adaptasi bagi para pelaku UMKM khususnya di wilayah perdesaan. Pergeseran pola konsumsi dan bisnis menuntut adaptasi yang cepat bagi para pelaku usaha. Sesi seminar ditutup dengan diskusi yang disampaikan peserta baik yang hadir luring maupun daring.

Pada MYIC 2023 ini juga diadakan call for book chapters dan call for paper yang dibuka secara umum bagi berbagai penulis di dalam maupun luar negeri. Panitia berhasil mengumpulkan 33 naskah book chapter dan terseleksi menjadi 23 judul terpilih setelah dilakukan proses review oleh reviewer. 23 judul book chapter tersebut ditulis oleh berbagai penulis dari 11 intitusi perguruan tinggi Indonesia dan satu perguruan tinggi dari Singapura. Ringkasan book chapter terpilih dipaparkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed Prof. Wiwiek R. Adawiyah, M.Sc., Ph.D.

Setelah rehat, acara dilanjutkan pada sesi paralel yang dibagi menjadi tiga belas ruangan: terdiri dari 8 ruangan luring dan lima ruangan daring. Ketiga belas ruangan tersebut untuk menampung 133 paper yang akan dipresentasikan oleh masing-masing penulis. Keseratus tiga puluh tiga paper ilmiah tersebut ditulis oleh penulis dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Berdasarkan penilaian dari moderator masing-masing ruangan terpilih tiga presenter terbaik dan satu paper terbaik. Presenter terbaik pertama, kedua, dan ketiga secara berturut-turut didapatkan oleh Ruby Faozan Qomaruzzaman, Rudiyanto, dan Rian Dwi Utami. Ketiganya berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp750.00, Rp500.000, dan Rp250.000. Sedangkan kategori paper terbaik diterima oleh Firsty Ramadhona Amalia Lubis dengan judul paper: “Sectoral Analysis of Carbon Emissions and Economic Factors: Dinamis Model”. Penulis yang merupakan mahasiswa Program Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp1.000.000. Hasil keputusan panitia tersebut diumumkan oleh Ketua Jurusan IESP FEB Unsoed Dr. Lilis Siti Badriah, SE., M.Si.

Sesi Akhir MYIC 2023 ditutup secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keungan Dr. Ratno Purnomo, SE., M.Sc. pada sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah bekerjasama untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Pihak panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan, narasumber sesi seminar, para kontributor naskah untuk book chapter dan paper, mitra yang telah berkolaborasi seperti MCorp, ACSB, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, ISEI Purwokerto, serta universitas mitra yang telah bekerjasama dan bahu-membahu untuk suksesnya acara ini. Semoga MYIC 2023 ini memberikan manfaat untuk masyarakat secara umum, khususnya bagi pengembangan ekonomi daerah wilayah perdesaan.

Sampai jumpa di Midyear International Conference tahun depan!
(By. Pahrul F. )