Pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2022, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB UNSOED) khususnya Program Studi D3 Bisnis Internasional yang diketuai oleh Dian Purnomo Jati, S.E., M.Sc., divisitasi secara daring oleh asesor dari lembaga akreditasi BAN-PT (Dr. Meilan Sugiarto, S.Sos., M.Si dan Dr. Nur Efendi, S.Sos., M.Si.). Visitasi ini dilakukan setelah dilengkapinya borang Laporan Evaluasi Diri oleh FEB UNSOED. Standar akreditasi BAN-PT mencakup sembilan kriteria yaitu (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, dan (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Luaran dan Capaian Tri Dharma. Setiap kriteria terdiri dari beberapa standar yang dijelaskan secara detail untuk keperluan Laporan Evaluasi Diri. 

Hari pertama visitasi, Asesor BAN-PT melakukan wawancara dengan pimpinan UPPS (Dekan FEB UNSOED), Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M.Sc., Ph.D. Pada sesi kedua di hari pertama, BAN-PT melakukan konfirmasi data LKPS dan LED yang telah diunggah oleh tim akreditasi Program Studi D3 Bisnis Internasional. Selanjutnya sesi dengan pelaksana penjaminan mutu internal FEB UNSOED, middle manajemen di UPPS, alumni dan pengguna. Asesor juga meninjau secara virtual sarana dan prasarana yang tersedia di UPPS dan Prodi melalui video yang diputar di zoom.

Gambar 1. Sesi Wawancara Asesor dengan Mahasiswa D3 Bisnis Internasional

Hari kedua visitasi, Asesor BAN-PT melakukan wawancara dengan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Agenda asesmen lapangan secara daring ini ditutup dengan pemberian beberapa saran oleh tim asesor BAN-PT kepada FEB UNSOED, penyampaian feedback dan penandatanganan Berita Acara Akreditasi Lapangan (AL).  Prodi D3 Bisnis Internasional mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1) Semua dosen Prodi D3 Bisnis Internasional, atas kesediaannya dalam membantu memberikan kelengkapan data yang diperlukan, 2) Semua narasumber baik bagian keuangan, kepegawaian, pendidikan, dan perlengkapan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED yang telah membantu dalam menyediakan data, 3) Semua alumni, pengguna dan mahasiswa yang telah ikut berpartisipasi aktif memberikan informasi yang diperlukan, dan 4) Semua pihak yang tidak mungkin disebutkan satu persatu, atas berbagai masukan, bantuan dan kontribusinya, sehingga asesmen lapangan secara daring ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Prodi D3 Bisnis Internasional berharap agar kerja keras yang telah dilakukan ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed (UPPS) dan Prodi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Gambar 2. Dekan, Ketua Prodi D3 Bisnis Internasional bersama Mahasiswa
Gambar 3. Tim Akreditasi D3 Bisnis Internasional bersama Kedua Asesor BAN-PT
Gambar 4. Tim Akreditasi D3 Bisnis Internasional